Cara Mengetahui Kehamilan Hanya dengan Memegang Perut, Apakah Valid?

Cara Mengetahui Kehamilan Hanya dengan Memegang Perut, Apakah Valid?

Pernah gak kamu dengar orang bilang bahwa kita bisa mengetahui seorang wanita hamil dengan cara memegang perutnya? Nah, kalau kamu penasaran mitos atau fakta cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut, kamu wajib banget baca artikel ini sampai akhir. Apalagi, kalau kamu wanita yang sudah telat datang bulan dan aktif secara seksual.

# Memegang Perut untuk Mengetahui Kehamilan

Ada banyak mitos di luar sana, termasuk soal mengetahui kehamilan dengan memegang perut dari luar di tahap awal kehamilan.

Sebab, ukuran bayi di awal-awal kehamilan masih sangat kecil. Sehingga kita tidak mungkin bisa merasakan keberadaannya. 

Pada titik ini, kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa mereka hamil, dengan cara melakukan tes kehamilan dan/atau karena mereka melihat gejala kehamilan dan perubahan pada tubuh mereka.

Nah, kalau di usia kehamilan 4-5 bulan kamu baru deh bisa merasakannya lewat memegang perut luar.

# Rasa Perutmu Ketika Sedang Hamil Muda

Meskipun kamu tidak dapat tahu jika kamu sedang hamil dengan menyentuh perut secara fisik pada tahap awal kehamilan, ada beberapa gejala awal kehamilan yang mungkin kamu rasakan secara internal di area perut. Dan ini bisa memberimu tanda awal bahwa kamu sedang hamil.

Kamu juga akan mulai merasakan bayimu bergerak di dalam di usia kehamilan sekitar 16 minggu. Namun, beberapa wanita tidak merasakan bayinya bergerak hingga 24 minggu. Jika ini adalah kehamilan pertamamu, kamu mungkin tidak merasakan gerakan apa pun hingga setelah 20 minggu.

Saat kamu merasakan bayimu bergerak, kamu akan merasakan perasaan aneh. Dan saat bayimu bertambah besar, kamu akan mulai merasakan tendangan dan gerakan tersentak - atau bahkan cegukan!

Saat kehamilanmu berlanjut, orang lain akan dapat merasakan bayimu bergerak dengan menyentuh perutmu dari luar juga. 

Cek kehamilan dengan USG (sehatq.com)

Perkembangan bayi dalam kandungan (parents.com)

# Tanda-Tanda Awal kehamilan

Meskipun kamu tidak dapat merasakan perbedaan di perut ketika awal-awal kehamilan, ada beberapa gejala awal yang mungkin dialami dalam beberapa hari atau minggu pertama setelah hamil, dan sebelum terlambat haid. .

Tanda-tanda itu antara lain:

1. Nyeri perut.

2. PMS (kram, kembung, sakit kepala, mulas, gangguan pencernaan, merasa terlalu emosional).

3. Keputihan berwarna coklat

4. Keputihan

5. Bercak

6. Payudara sakit, nyeri atau kesemutan

7. Rasa logam di mulut

8. Kelelahan

9. Mual dan sakit

Tentu saja, cara terbaik untuk mengetahui kamu hamil secara pasti adalah dengan melakukan tes kehamilan.

# Kapan harus melakukan tes kehamilan?

Idealnya kamu perlu melakukan tes kehamilan sejak hari pertama haid yang terlewat. Beberapa tes kehamilan modern mengklaim memberikan hasil yang akurat sebelum menstruasimu tiba, tetapi menunggu sampai kamu melewatkan menstruasi biasanya akan memberimu jawaban yang paling dapat diandalkan.

Ternyata cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut itu cuma mitos ges. Kamu tetap harus menjalani tes untuk tahu apakah kamu sedang hamil atau tidak ya.

Hasil dari tes kehamilan dengan testpack (lazada.co.id)