Cuma untuk Keperluan Medis! Thailand Usulkan Larangan Penggunaan Ganja untuk Rekreasi

Cuma untuk Keperluan Medis! Thailand Usulkan Larangan Penggunaan Ganja untuk Rekreasi

THAILAND mengusulkan larangan penggunaan ganja untuk rekreasi dan hukuman berat bagi pelanggar berdasarkan undang-undang baru yang berupaya mengakhiri kekosongan hukum setelah negara tersebut menjadi negara pertama di Asia yang mendekriminalisasi tanaman tersebut.

Merokok ganja dan penggunaannya dalam bentuk rekreasi lainnya akan dilarang berdasarkan rancangan undang-undang yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Thailand pada Selasa (9 Januari 2023). Penggunaan tanaman ganja atau produk-produknya akan dibatasi untuk tujuan medis dan kesehatan, menurut RUU tersebut.

Rancangan undang-undang tersebut, yang ditulis ulang oleh pemerintahan baru Perdana Menteri Srettha Thavisin, sejalan dengan janji partainya sebelum pemilu untuk membatasi penggunaan ganja untuk tujuan medis karena kekhawatiran akan kecanduan. Siapa pun yang merokok ganja untuk rekreasi akan dikenakan denda hingga 60.000 baht (Rp35.528.198).

Tanaman ganja (detikhealth.com)

RUU tersebut juga berupaya melarang penjualan ganja atau ekstraknya untuk tujuan rekreasi. Siapa pun yang terbukti melanggar aturan baru ini akan menghadapi hukuman maksimal satu tahun penjara atau denda 100.000 baht (Rp44.380.840), atau keduanya.

Ganja medis (wowkeren.com)

Pemerintah baru berupaya untuk mengakhiri kekosongan peraturan yang sedang berlangsung setelah deklasifikasi ganja sebagai narkotika pada tahun 2022, yang telah menyebabkan menjamurnya lebih dari 6.000 apotek di seluruh negeri. Mereka menjual segala sesuatu mulai dari pucuk ganja hingga ekstrak minyak yang mengandung kurang dari 0,2 persen tetrahydrocannabinol – senyawa psikoaktif yang memberikan sensasi “high” kepada penggunanya.

Namun pemerintah tidak mengusulkan untuk mengklasifikasi ulang tanaman tersebut sebagai narkotika lagi, sebuah tindakan yang akan mengakibatkan hukuman penjara dan denda yang lebih lama.

Biskuit mengandung ganja (hardrockfm.com)