Miris! Wanita Punya 300 Batu Ginjal Di Tubuhnya, Terungkap Penyebabnya Karena Bubble Tea

Wanita di Taiwan memiliki 300 batu ginjal karena kebiasaan minum bubble tea.

Seorang wanita mengalami kejadian tidak terduga sebagai dampak dari kebiasaannya minum bubble tea atau boba tea setiap harinya. Di mana, akibat hal ini dia harus dioperasi karena ada ratusan batu ginjal menumpuk di tubuhnya.

Dilansir dari The Strait Times, kejadian ini dialami seorang wanita muda asal Taiwan bernama Xiao Yo. Mulanya, wanita berusia 20 tahun itu mengeluhkan rasa sakit di bagian punggung yang menjalar sampai ke pinggulnya.

Karena tidak kunjung sembuh, Xiao Yo dilarikan ke Chi Mei Medical Centre di kota Tainan. Xiao pun menjalani pemeriksaan ultrasound scan. Di sinilah, para dokter menemukan bahwa ginjal sebelah kanan Xiao Yo sudah membengkak karena cairan.

Tak hanya itu, ada banyak batu ginjal juga di sana. Batu-batu tersebut berukuran dari 5mm hingga 2cm. Kondisi ini juga diperparah dengan hasil tes darah Xiao Yo menunjukkan adanya peningkatan jumlah sel darah putih.

Pihak dokter langsung memberikan Xiao antibiotik dan mengeluarkan cairan di ginjalnya. Kemudian, dilakukan pula operasi untuk mengangkat batu ginjal yang bersarang di tubuhnya. Tak tanggung-tanggung, jumlah batunya mencapai 300 batu.

Menurut dokter, batu-batu ginjal tersebut tampak seperti roti kukus kecil. Beruntungnya, kondisi Xiao langsung stabil setelah dioperasi. Dia diperbolehkan pulang setelah beberapa hari diobservasi oleh dokter di rumah sakit tersebut.

Setelah ditelusuri, rupanya keberadaan ratusan batu ginjal itu tidak lepas dari pola makan Xiao Yo yang berantakan. Xiao dilaporkan tidak suka minum air putih. Sehari-hari, Xiao Yo lebih banyak minum bubble tea atau boba tea.

Ilustrasi Minum Bubble Tea (Semana)

Kasus ini pun terbilang mengkhawatirkan. Sebab menurut Dokter Lim Chye-yang selaku ahli urologi yang menangani Xiao, pasien yang memiliki batu ginjal ini biasanya berusia 50-60 tahun. Itu pun setidaknya hanya ada 9,6%.

Adapun batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan yang berkaitan pada organ ginjal, yang umumnya disebabkan oleh tingginya zat kimia pembentuk kristal dalam urine. Zat itu punya sifat yang sulit dihancurkan, sehingga dapat membentuk kristal yang akhirnya disebut batu ginjal. 

Selain pola makan atau pola minum yang tidak sehat, ada beberapa faktor lainnya yang ikut berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Seperti faktor genetik, penyakit kronis sampai pola diet yang terlalu tinggi kalsium dan protein.

Potret Ratusan Batu Ginjal Di Dalam Tubuh (The Star)