5 Alasan Tidak Ada Jam di Kamar Hotel, Sudah Tahu Belum?

Sering kita temui saat berada di hotel tidak ada jam yang terpasang. Namun, apakah kamu tahu alasan di balik hal itu?

Saat menginap di hotel, pernah nggak kamu menyadari kalau di dalam kamar tidak pernah ditemukan jam? Baik jam dinding atau pun jam meja. Usut punya usut, ternyata alasan tidak ada jam di kamar hotel ini demi kenyamanan para tamunya lho. Memang apa saja sih alasan yang membuat hotel tidak mau meletakkan jam di dalam kamar?

1. Demi Kenyamanan Tamu

Alasan pertama kenapa tidak pernah ada jam di kamar hotel adalah demi kenyamanan tamu hotel. Sebab saat menginap, tamu menginginkan ketenangan saat beristirahat. Jika terdapat jam di kamar, maka suara detik jam bisa saja mengganggu tidur tamu.

Selain itu, beberapa hotel memilih untuk menghilangkan jam sebagai bagian dari desain interior yang minimalis atau modern. Mereka mungkin ingin menciptakan suasana yang bersih dan tidak terganggu oleh banyak perangkat atau dekorasi di dalam kamar.

2. Agar Tamu Nggak Cepat Pulang

Alasan Tidak Ada Jam di Hotel (via Tribunnews.com)

Selain demi kenyamanan tamu saat beristirahat, adanya jam di dalam kamar hotel juga akan membuat tamu ingin cepat pulang. Saat mendekati jam check out, tamu akan segera mengemasi barang-barang mereka. Hal itu akan membuat mereka jadi lebih terburu-buru.

3. Tamu Jadi Lebih Santai

Alasan Tidak Ada Jam di Hotel (via saniharto)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, adanya jam dinding akan membuat tamu terburu-buru mengemasi barang-barang mereka ketika mendekati jam check out. Nah, dengan tidak ada jam dalam kamar, mereka jadi lebih santai dan nyaman saat menginap tanpa harus diburu waktu.

4. Efisiensi Biaya

Alasan Tidak Ada Jam di Hotel (via telisik.id)

Selain demi kenyamanan tamu hotel, ketiadaan jam di dalam kamar hotel juga membuat hotel bisa memangkas biaya operasional hotel. Pengeluaran jadi lebih hemat dan pihak hotel juga tidak perlu menghabiskan waktu atau ruang untuk memasang jam di setiap kamarnya. Ditambah lagi, jam di kamar hotel memerlukan perawatan dan penggantian baterai secara berkala. Mengelola banyak jam di setiap kamar bisa menjadi pekerjaan tambahan bagi staf hotel.

5. Ada Alternatif Lain

Alasan Tidak Ada Jam di Hotel (via RCTI Plus)

Tidak adanya jam dinding di kamar hotel bukan berarti membuat tamu tidak bisa bangun pagi. Apakah kamu pernah ditelepon resepsionis pagi-pagi saat sedang menginap di hotel? Faktanya, beberapa hotel menyediakan fasilitas wake up call yang bisa membantu kamu bangun di pagi hari dan tepat waktu.

Selain itu, Dengan perkembangan teknologi, banyak tamu hotel sekarang menggunakan ponsel mereka sebagai alat untuk melihat waktu. Oleh karena itu, beberapa hotel mungkin menganggap jam di kamar tidak lagi menjadi prioritas atau peralatan yang sangat diperlukan saat ini. Jadi lebih efisien kan?

Tentu saja setiap hotel menginginkan kenyamanan bagi setiap tamu yang menginap. Karena itulah, alasan tidak ada jam di hotel menjadi salah satu cara untuk menjaga kenyamanan para tamunya. Menurutmu bagaimana?

Alasan Tidak Ada Jam di Hotel (via kamuswisata)