4 Kalimat Toxic yang Jangan Diucapkan ke Pasangan Saat Bertengkar

Ada beberapa kalimat yang sebaiknya jangan pernah kamu sampaikan ke pasanganmu dalam situasi apa pun, terutama ketika bertengkar. Apa saja itu?

Pertengkaran dalam hubungan asmara sebenarnya wajar saja terjadi. Namun hati-hati, ada beberapa kalimat toxic ke pasangan yang sebaiknya nggak diucapkan saat bertengkar. Sebab, kalimat-kalimat tersebut bukannya menyelesaikan masalah, tetapi justru membuat situasi semakin parah.

Saat bertengkar dan dipenuhi dengan amarah, seseorang cenderung tidak bisa mengontrol apa yang diucapkan. Bahkan dia bisa mengeluarkan kalimat toxic ke pasangan yang membuat api amarah kian membara. Setelah amarah mereda, barulah dia akan menyesali apa yang dia ucapkan sebelumnya. Agar terhindar dari hal tersebut, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kalimat toxic ke pasangan yang sebaiknya nggak diucapkan saat bertengkar.

1. Mengumpat

Setiap orang yang dikuasai amarah pasti akan melampiaskan rasa marahnya dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengumpat. Kalimat umpatan yang keluar dari mulut pasangan saat bertengkar, tanpa disadari akan membekas di hati hingga waktu yang cukup lama. Makanya meski sedang emosi, sebaiknya tetap bicara dengan baik tanpa mengumpat. Lagipula, mengumpat adalah tindakan tidak terpuji yang sangat merendahkan orang lain.

2. Mengungkit Masa Lalu

Kalimat Toxic ke Pasangan (via HerStory)

Selain mengumpat, mengungkit masa lalu saat bertengkar juga tidak baik untuk dilakukan.  Semarah apapun kamu, jangan sampai kalimat seperti, “Pantes aja kamu nggak pernah punya teman dekat.” atau “Nggak ingat apa kamu dulu seperti apa.” keluar dari mulut kamu. Kalimat-kalimat tersebut hanya akan membuat perdebatan tidak pernah usai dan masalah menjadi semakin runyam, meskipun kamu tidak berniat sepenuh hati.

3. Minta Putus atau Bercerai

Kalimat Toxic ke Pasangan (via Diadona.id)

Kalimat terakhir yang wajib banget kamu hindari adalah meminta untuk putus atau bercerai dari pasangan. Yakin deh, kalimat ini muncul hanya karena kamu sedang dikuasai emosi yang sifatnya sesaat. Saat emosi mereda, kamu akan menyesali kalimat tersebut. Setelahnya, kamu akan sulit mengendalikan suasana, bahkan memperbaikinya juga akan semakin sukar. Nggak mau kan kamu menyesal seumur hidup karena ucapan emosional sesaat?

4. Mengungkit Masa Lalu

Kalimat Toxic ke Pasangan (via kumparan)

Mengungkit masa lalu bisa merusak hubungan karena hal itu bisa menciptakan ketegangan, membangkitkan emosi negatif, dan mengganggu proses memaafkan dan melupakan. Masing-masing pasangan telah tumbuh dan berubah dari pengalaman masa lalu. Terus membawa masa lalu ke permukaan tanpa alasan yang kuat bisa menyebabkan ketidakpercayaan dan menimbulkan rasa sakit yang sudah seharusnya ditinggalkan. Fokus pada masa lalu juga bisa menghalangi pembangunan hubungan yang sehat dan positif di masa depan.

Itulah beberapa kalimat toxic ke pasangan yang sebaiknya nggak diucapkan dan kamu wajib selalu menghindarinya dalam situasi apa pun. Dengan kamu mau meredam dan mengontrol emosi, dijamin ucapanmu juga akan lebih tertata.

Kalimat Toxic ke Pasangan (via Suara)