Rasanya Juara! Ini 3 Makanan Khas Sulawesi yang Enak Banget

Tidak hanya terkenal dengan budayanya, Sulawesi juga terkenal dengan makanannya. Lantas, apa saja makanan khas Sulawesi?

Ragam kuliner asal Indonesia memang patut diacungi jempol. Salah satunya adalah makanan khas Sulawesi yang kaya rempah dan selalu menggunggah selera. Maka dari itu, kalau berkunjung ke Sulawesi jangan lupa mencicipi makanan khasnya ya!

Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, Sulawesi ternyata memiliki banyak ragam kuliner di wilayahnya masing-masing. Beberapa memang cukup populer, bahkan sudah bisa ditemui di luar pulau Sulawesi. Lantas, makanan khas Sulawesi apa saja yang dimaksud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Coto Makassar

Nama coto makassar tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Di beberapa tempat di Pulau Jawa, banyak orang menjual makanan yang kaya akan rempah ini. Coto makassar umumnya dihidangkan dengan lontong atau burasa yang terbuat dari santan dan rempah. Kabar baiknya, pada Desember 2008 lalu, coto makassar menjadi salah satu menu utama dalam penerbangan domestik maskapai Garuda Indonesia baik dari maupun ke Makassar. Jadi, kamu bisa menikmatinya selama di perjalanan dari atau ke Makassar. Hebat banget, kan?

Makanan Khas Sulawesi (via Daily Cooking Quest)

2. Sop Konro

Selain coto makassar, hidangan khas Sulawesi lainnya yang juga cukup populer di Indonesia adalah sop konro. Makanan yang biasa disantap dengan ketupat ini terbuat dari iga sapi atau daging sapi yang disajikan dengan kuah berwarna cokelat.

Saat ini sop konro sudah berkembang dan terdapat versi keringnya, yakni konro bakar. Maksudnya adalah iga sapi yang biasanya disajikan bersama kuah,  justru iga sapi tersebut dibakar dengan bumbu khas konro. Sama-sama enak kok!

Makanan Khas Sulawesi (via Kompas.com)

3. Es Pisang Ijo

Siapa yang nggak kenal sama es pisang ijo? Kuliner menyegarkan khas Sulawesi ini terdiri dari pisang raja yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau dan disajikan dengan serutan es yang diberi sirup merah. Es pisang ijo ini tidak hanya bisa dijumpai di Sulawesi, kini di kota-kota besar di Indonesia juga sudah banyak orang yang menjual es pisang ijo.

Demikian daftar makanan khas Sulawesi yang cukup populer dan wajib kamu cicipi kalau kamu berkunjung ke sana. Selamat berburu kuliner khas Sulawesi dan rasakan kenikmatannya!

Makanan Khas Sulawesi (via Fimela)