5 Tips Membeli Perhiasan Biar Nggak Gampang Tertipu

Tentu kita wajib tahu tips membeli perhiasan agar kita tidak mudah ditipu oleh penjual. Yuk simak ulasan berikut ini!

Perhiasan adalah barang berharga yang dibanderol dengan harga yang tidak murah. Karena harganya nggak main-main, tentu kita wajib tahu tips membeli perhiasan agar kita tidak mudah ditipu oleh penjual. Nah, buat kamu yang berencana membeli perhiasan di akhir tahun ini, yuk simak tips berikut ini agar kamu nggak sampai salah beli. Apa saja?

1. Riset

Sebelum membeli perhiasan sebaiknya kamu melakukn riset terlebih dahulu. Pahami dan pilih jenis perhiasan seperti emas, permata, berlian, logam, dan lainya. Hal terpenting adala pahami karakteristik jenis batu permata. Hal ini penting agar kamu bisa membedakan setiap perhiasan yang kamu jumpai.

2. Tentukan Budget

Tips Membeli Perhiasan (via Liputan6)

Menentukan budget tentu tidak kalah penting. Sebab, hal ini akan membantu kamu mengurangi pengeluaran berlebihan saat membeli perhiasan. Kamu harus ingat, kalau barang yang bagus tidak selalu mahal. Daripada tergoda barang yang ditawarkan dengan harga tinggi, sebaiknya tetap beli barang sesuai dengan budget yang sudah kamu siapkan.

3. Pilih Merk Terpercaya

Tips Membeli Perhiasan (via Galeri 24)

Selain menentukan budget, sebaiknya kamu membeli perhiasan dengan merk yang sudah terpercaya. Sebab, merk yang sudah terkenal biasanya selalu menjaga kualitas perhiasan yang dia jual. Selain itu, sebaiknya kamu membeli perhiasan di toko perhiasan yang sudah bersertifikat agar semua keaslian perhiasan yang dijual terjamin.

4. Utamakan Kualitas

Tips Membeli Perhiasan (via Agincourt Resources)

Terakhir, kamu juga wajib mempertimbangkan kualitas perhiasan yang kamu beli. Pilih perhiasan berkualitas tinggi, agar perhiasan yang kamu beli lebih tahan lama. Dan pastikan perhiasan yang kamu beli bergaransi ya.

5. Sesuaikan dengan Gaya Hidup

Tips Membeli Perhiasan (via Liputan6)

Sebelum membeli perhiasan, sebaiknya perhatikan apakan perhiasan yang kamu beli akan dipakai sehari-hari atau digunakan untuk acara tertentu saja. Tentu saja hal ini penting untuk menentukan model dan jenis perhiasan yang akan dibeli. Jika dipakai sehari-hari, sebaiknya model perhiasan yang sederhana agar tidak mengundang kejahatan.

Beberapa tips membeli perhiasan di atas sangat penting untuk dipahami biar kamu nggak gampang tertipu. Rugi banget kan kalau sudah keluar banyak uang tapi ternyata sia-sia. Semoga bermanfaat ya!

Tips Membeli Perhiasan (via Grid)