6 Tips Tidak Mudah Terbujuk Promosi dari SPG, Hati-Hati Ya!

Sering kali kita berbelanja impulsif karena promosi SPG lalu keuangan jadi tak teratur. Lantas, bagaimana cara tidak mudah terbujuk promosi ya?

Pernah jadi “korban promosi” dari SPG? Barang yang dibeli sebenarnya tak terlalu penting, namun entah bagaimana kamu rela merogoh kocek dan mengeluarkan pengeluaran dadakan untuk mendapatkannya. Agar tidak terjebak, memahami tips tidak mudah terbujuk promosi untuk membeli suatu barang menjadi keterampilan yang penting.

Namun berhadapan dengan sales promotion girl (SPG) atau boy (SPB) yang bertugas memasarkan produk memang tak selalu mudah. Terkadang, kita dapat terjebak dalam godaan atau tekanan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Namun, ada beberapa strategi berikut dan bisa kamu terapkan agar tidak mudah terbujuk dan tetap rasional saat berbelanja.

1. Mengetahui Kebutuhan yang Sebenarnya

Penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang kamu butuhkan sebelum berbelanja. Dengan mengetahui dan selalu mengingat kebutuhanmu, kamu akan lebih mudah menolak penawaran yang tidak relevan.

2. Pahami Nilai dan Harga Barang

Tips Tidak Mudah Terbujuk Promosi (via BFI Finance)

Sebelum memutuskan untuk membeli, pertimbangkan nilai sebenarnya dari barang tersebut. Bandingkan harga dan manfaat barang dengan barang sejenis atau merek lain. Jika harga terlalu tinggi dibandingkan manfaatnya, pertimbangkan kembali keputusan untuk membelinya.

3. Menghindari Tekanan Penjualan

Tips Tidak Mudah Terbujuk Promosi (via Brilio.net)

SPG sering menggunakan teknik tekanan atau penjualan agresif. Jika kamu merasa tidak nyaman atau terbebani, kamu bisa berkata tidak. Bahkan, kamu juga bisa menolak untuk didampingi SPG selama berbelanja. Ingatlah, bahwa keputusan pembelian ada pada tanganmu, bukan pada tekanan dari pihak penjual.

4. Hindari Iming-iming Diskon atau Promo

Tips Tidak Mudah Terbujuk Promosi (via Dunia Kerja)

Diskon besar atau promo menarik memang terlihat menggiurkan, tetapi jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Pastikan dengan baik, apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut dan promo tersebut menguntungkanmu nantinya.

5. Melakukan Riset Sebelumnya

Tips Tidak Mudah Terbujuk Promosi (via Pexels)

Sebelum berbelanja, lakukan riset tentang produk yang akan dibeli. Dengan mengetahui informasi produk secara mendalam, kamu akan lebih mampu membuat keputusan yang tepat dan tidak mudah terbujuk promosi yang menggiurkan.

6. Membuat Daftar Belanja dan Anggaran

Tips Tidak Mudah Terbujuk Promosi (via Bola.net)

Buatlah daftar belanja sebelum kamu pergi berbelanja dan tetap berpegang pada anggaran yang sudah kamu tetapkan. Dengan begitu akan membantumu membatasi sifat impulsif untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Dengan kamu menerapkan tips tidak mudah terbujuk promosi, kamu dapat meningkatkan kemampuan agar tidak mudah termakan penawaran SPG atau penjual lainnya. Kamu perlu ingat untuk selalu berbelanja dengan cerdas, sesuai dengan kebutuhan dan keuanganmu.

Tips Tidak Mudah Terbujuk Promosi (via QM Financial)