Ini 3 Perbedaan Bronzer dan Contour yang Sering Dikira Sama, Jangan Sampai Salah!

Bronzer dan contour adalah produk makeup yang sering dikira sama oleh beberapa pengguna makeup. Tahu kah kamu cara membedakannya?

Saat ini jenis produk makeup semakin berkembang dan sekilas terlihat serupa, padahal fungsinya sangatlah berbeda. Salah satunya seperti perbedaan bronzer dan contour yang semua orang belum tentu mengerti.

Bagi pemula, kedua produk tersebut mungkin terlihat mirip. Padahal kalau mau dilihat secara menyeluruh, bronzer dan contour adalah dua produk yang benar-benar berbeda. Jika kamu yang pemula dalam dunia makeup dan masih sulit membedakannya. Berikut ini penjelasan beberapa perbedaan bronzer dan contour yang wajib dipahami agar kamu nggak salah pakai.

1. Fungsi

Jika dilihat dari fungsinya, bronzer dan contour jelas memiliki kegunaan yang berbeda. Bronzer digunakan untuk memberi efek hangat alami pada wajah. Saat wajah kamu terpapar sinar matahari, akan terlihat lebih glowing dan sehat. Ajaibnya bronzer juga bisa digunakan untuk menetralkan foundation atau bedak yang terlalu putih.

Di sisi lain, contour berfungsi untuk memberi dimensi dan membuat bayangan di wajah. Cara ini digunakan untuk membuat beberapa bagian pada wajah menjadi lebih halus dan tidak terlalu menonjol. Misalnya membuat pipi yang tembam menjadi lebih tirus, atau membuat hidung jadi terlihat lebih mancung.

Perbedaan Bronzer dan Contour (via WowKeren)

2. Area Pengaplikasiannya

Selain berbeda fungsi, bronzer dan contour juga berbeda tempat pengaplikasiannya. Bronzer diaplikasikan pada dahi, pipi, dan dagu secara tipis. Sementara contour, diaplikasikan pada cekungan tulang pipi, sisi kanan kiri hidung, dan juga dahi bagian atas atau samping.

Perbedaan Bronzer dan Contour (via Cantika)

3. Kuas yang Digunakan

Selanjutnya, bronzer dan contour juga diaplikasikan menggunakan kuas yang berbeda. Bronzer diaplikasikan menggunakan kuas yang besar, seperti kabuki brush atau powder brush. Kalau contour diaplikasikan menggunakan kuas yang lebih kecil, karena area pengaplikasiannya juga lebih sedikit atau sempit.

Itu tadi beberapa perbedaan bronzer dan contour yang sering dianggap sama dalam dunia makeup. Sekarang apakah kamu sudah bisa membedakannya? Kalau kamu pernah salah pakai nggak?

Perbedaan Bronzer dan Contour (via iStock)