Inilah Alasan, Olahraga Berkelompok Bikin Semangat

Bagi kalian yang menyukai olahraga, baiknya lakukan olahraga dengan beramai-ramai ata berkelompok deh gengs.

Pernah nggak sih kalian merasakan malas berolahraga saat sendirian? Mungkin banyak diantara kalian yang memiliki masalah seperti itu yak.

Jika dari kalian merasakan hal itu, baiknya lakukan olahraga secara berkelompok deh. Baik dengan cara mengikuti kelas-kelas olahraga maupun bersama dengan teman-teman kalian. Pasalnya berolahraga secara bersama-sama atau berkelompok itu, dapat meningkatkan motivasi seseorang.

Laila Munaf, Instruktur zumba dan owner Sana Studio, mengatakan "Kalau olahraga malas, enggak ada semangat, tapi klau datang ke grup classes seringkali dapat suntikan semangat," dilansir dari Kompas.com.

Emang benar nyatanya, banyak seseorang yang memiliki cerita seperti itu, saat melakukan olahraga berkelompok, kalian akan melihat orang-orang lain yang bersemangat melakukan aktivitas itu tanpa melihat umur dan fisik. 

Disaat yang bersamaan juga, semangat kalian secara tidak langsung akan terbangun, setelah melihat aktivitas olahraga di kelompok sekitar kalian itu tadi.

Olahraga sendirian bikin nggak semangat (cdns.klimg.com)

Lebih efektif lagi, jika pada kelas kelompok, kalian dilarang menggunakan ponsel saat sesi olahraga. Rupanya akan membuat olahraga kalian lebih efektif deh.

Bisa juga sih, kalian berolahraga dengan teman. Karena ada beberapa orang mungkin merasa kurang suka dengan mengikuti sesi kelas olahraga berkelompok. Sahabat dekat atau saudara bisa menjadi pilihan tuh.

Akan tetapi kembali kepada diri masing-masing kalian gengs, mungkin dari kalian juga ada yang menyukai olahraga sendirian. Misalnya seperti lari.

Maka dari itu, kalian harus mencoba mengetahui, pola olahraga seperti apa yang cocok untuk kalian.

"Kita enggak akan tahu kalau kita tidak coba. Jadi kalau mau tahu, coba kamu olahraga misalnya lari sendiri dan lari ada temannya. Rasanya akan berbeda banget," ujar Laila

Olahraga berkelompok efektif (cdn.metrotvnews.com)

Emang iya sih, akan berbeda rasanya. Dorongan semangat akan timbul dari diri kita saat berolahraga sendirian. Akan tetapi, jika bersama teman, tentu saja ada tambahan dorongan semangat dari teman. Istilahnya semangat berlipat ganda lahya hahaha

Menurut Studi Journal of Social Science dan studi pada jurnal Obesity di 2016, orang yang mengalami obesitas cenderung lebih mudah menurunkan berat badan ketika berolahraga secara berkelompok.

Emang sih, olahraga sendiri maupun berkelompok tidak memiliki perbedaan. Akan tetapi, kebahagiaan olahraga bersama teman-teman seringkali membuat kalian, akan lebih menikmati sesi olahraga yang kalian lakukan.

Bagaimana nih gengs? kalian masuk kubu mana nih? kubu olahraga sendirian atau kubu olahraga berkelompok?

Olahraga bersama teman bikin semangat (cdns.klimg.com)