Liburan Sambil Belajar, Ini 3 Destinasi Wisata Sejarah di Ambarawa

Di Ambarawa, Semarang ada beberapa destinasi wisata sejarah. Di mana kita bisa liburan sambil belajar. Di mana saja kah itu?

Liburan ke Semarang ternyata bisa dilakukan sambil belajar. Ada sejumlah destinasi wisata sejarah di Ambarawa yang bisa mengajarkan anak-anak sejarah  Ambarawa pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang dulu.

Dengan begitu, anak-anak akan mengenal lebih jauh tentang sejarah masa lalu yang penuh perjuangan dan tidak boleh dilupakan begitu saja. Apa saja wisata sejarah yang ada di Ambarawa? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Benteng Fort Willem 1

Destinasi wisata sejarah di Ambarawa yang pertama adalah Benteng Fort Willem 1 yang berada di Bugisari, Logotong, Kecamatan Ambarawa, Semarang. Tempat ini adalah bangunan tua yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Jadi, nggak heran kalau kesan kolonial masih terasa kental di sini.

Dulunya, bangunan yang juga dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa ini merupakan barak militer dan tempat penyimpanan logistik para tentara Belanda. Untuk masuk ke sini, kamu nggak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.

Wisata Sejarah di Ambarawa (via Pemerintah Provinsi Jawa Tengah)

2. Gua Maria Kerep

Kedua, ada Gua Maria Kerep juga merupakan tempat wisata sejarah di Ambarawa. Gua Maria Kerep sudah berdiri sejak tahun 1954. Tempat ini merupakan tempat ziarah bagi umat Katolik. Di tempat ini kamu bisa melihat patung Bunda Maria berukuran 42 meter. Wah, tinggi sekali ya.

Wisata Sejarah di Ambarawa (via Kompasiana.com)

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Jika kamu tertarik dengan kereta api, belum lengkap rasanya kalau kamu nggak berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa. Bangunan yang terletak di Jalan Stasiun No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, dulunya merupakan stasiun dengan nama Stasiun Willem 1 dan berfungsi sebagai transportasi milier di daerah Jawa Tengah serta mengangkut komoditi ekspor. Untuk masuk ke Museum Kereta Api Ambarawa ini, kamu harus membayar tiket yang dibanderol dari harga Rp10 ribu hingga Rp100 ribu.

Barusan adalah penjelasan singkat mengenai beberapa destinasi wisata sejarah di Ambarawa. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke sana?

Wisata Sejarah di Ambarawa (via Travel Kompas)