Traveler Wajib Tahu! Ini 4 Barang yang Jangan Dibawa ke Australia

Sebelum ke Australia, kita waji mempersiapkan barang-barang yang akan kita bawa. Lalu, barang apa saja ya yang nggak bisa kita bawa ke Australia?

Australia memang terkenal dengan kekayaan budaya, satwa yang unik dan panoramanya yang indah. Namun, ketika pergi ke negeri kanguru tersebut, kamu harus teliti. Sebab, ada sejumlah barang yang dilarang dibawa ke Australia oleh para wisatawan.

Jangan sampai setelah sampai di sana, kamu justru harus membayar denda karena membawa barang-barang yang dilarang untuk masuk ke negara tersebut. Lantas, barang apa saja sih yang jangan kamu bawa saat masuk ke wilayah Australia?

1. Daging

Barang pertama yang jangan dibawa saat ke Australia adalah daging, baik daging segar maupun daging olahan. Sebab, barang tersebut dianggap dapat menyebarkan hama. Sempat ada kejadian pada seorang WNI di tahun 2022 lalu. Dia kedapatan membawa daging saat pemeriksaan di bandara, akibatnya dia harus membayar denda sebesar Rp26 juta, izin visanya dicabut, dan juga dikeluarkan dari Australia.

2. Buah dan Sayur

Barang yang Dilarang (via ResepKoki)

Selain daging, kamu juga dilarang membawa buah dan sayur ke Australia, meski hanya untuk konsumsi pribadi. Itu karena buah dan sayuran dianggap bisa menyebarkan hama, sama seperti daging.

3. Beras

Barang yang Dilarang (via IDN Times)

Selanjutnya, barang yang nggak boleh kamu bawa ke Australia adalah beras. Meski kamu nggak bisa makan kalau nggak ada nasi, tetapi sebaiknya jangan membawa beras sendiri dari rumah. Beras dilarang masuk ke Australia, kecuali beras yang sudah memenuhi syarat dan tercantum di situs Departemen Pertanian, Air, dan Lingkungan. Hal ini juga dilakukan untuk melindungi dari serangan hama.

4. Produk Palsu

Barang yang Dilarang (via Iluminasi)

Suka memakai barang KW? Awas hati-hati ya kalau ke Australia. Jangan sampai kamu memakai barang tersebut lalu ke Australia. Membawa barang-barang palsu seperti tas, sepatu, dan baju, maka akan berisiko dimusnahkan atau kamu harus membayar denda lho.

Setelah kita bahas beberapa barang yang dilarang dibawa ke Australia, sebaiknya kamu cek kembali barang-barang kamu sebelum berangkat, agar tidak terkena denda setelah sampai di Australia. Have a nice trip!

Barang yang Dilarang (via Grid.ID)