3 Drama Korea Tentang Kesehatan Mental, Sudah Nonton Belum?

Dengan menyaksikan beberapa drama korea ini kita bisa semakin aware dengan isu kesehatan mental. Drama korea apa saja itu?

Drama Korea yang menawarkan kisah percintaan memang selalu bikin penasaran. Namun bagaimana dengan drama Korea tentang kesehatan mental? Apakah drama tersebut mendapatkan antutias yang sama tingginya? Jawabannya adalah iya.

Terbukti, beberapa drama Korea dengan tema kesehatan mental memiliki rating tinggi dan mampu membawa penonton ikut merasakan emosinya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah daftar drama korea tentang kesehatan mental yang wajib ditonton.

1. It's Okay To Not Be Okay (2020)

Rekomendasi pertama drama Korea tentang kesehatan mental adalah It's Okay To Not Be Okay. Drama ini mengisahkan tentang Moon Gang Tae, seorang pekerja kesehatan komunitas di bangsal psikiatri yang merawat saudaranya, Moon Sang Tae yang mengalami autisme. Dia bertemu dengan Ko Moon Young, seorang penulis buku anak-anak yang selalu bersikap dingin pada orang lain.

Pertemuan mereka tenyata bisa membuat luka lama mereka perlahan sembuh. Namun, kesembuhan Gang Tae dan Moon Young tidak terlepas dari peran Sang Tae yang lugu dan jujur, sehingga mampu menyelesaikan konflik yang muncul di antara Gang Tae dan Moon Young.

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental (via tvN)

2. Extracurricular (2020)

Selanjutnya ada drama Korea berjudul Extracurricular yang juga tentang kesehatan mental. Drama ini mengisahkan Oh Ji Soo, seorang siswa teladan di sekolah menengah. Sayangnya untuk mendapatkan biaya kuliah, Ji Soo melakukan pekerjaan sampingan ilegal.

Dia menciptakan aplikasi kencan berbayar untuk wanita. Sebenarnya semua berjalan lancar, hingga teman sekelasnya bernama Bae Gyu Ri yang memiliki kecenderungan sosiopat mengetahui pekerjaannya tersebut dan mencoba mengganggunya.

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental (via Netflix)

3. My Liberation Notes (2022)

Terakhir, ada drama Korea yang juga tentang kesehatan mental, yakni My Liberation Note. Drama ini menceritakan tentang tiga bersaudara, yaitu Yeom Chang Hee, Yeom Mi Jung, dan Yeom Ki Jung. Sebelumnya mereka menjalani kehidupan biasa tanpa tujuan yang jelas.

Namun, Sejak Mi Jung bertemu dengan seorang pria misterius bernama Tuan Gu yang merupakan pecandu alkohol, kehidupan mulai berubah. Mereka berempat menjadi sahabat dan berusaha mencari makna dalam kehidupan mereka. Caranya adalah dengan saling membuka hati. Dengan begitu, secara mental mereka menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Itulah beberapa drama Korea yang mengangkat isu kesehatan mental. Kisah-kisah tersebut diangkat dengan apik sehingga memberikan gambaran yang baik tentang kasus tersebut. Selai menghibur juga bikin tambah wawasan. Kira-kira kamu sudah pernah nonton yang mana?

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental (via JTBC)