4 Jenis Kanker yang Paling Banyak Menyerang Wanita

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang dapat harus diwaspadai, tak terkecuali para wanita. Lantas, kanker apa saja yang paling banyak menyerang wanita?

Kanker yang merupakan penyakit mematikan dan dapat berdampak cukup signifikan pada kondisi kesehatan dan kesejahteraan hidup penderitanya. Di antara sekian banyak kanker yang menyerang manusia, terdapat beberapa jenis kanker yang menyerang wanita.

Maka dari itu, untuk dapat menekan angka kronis penderita kanker, penting bagi kita untuk paham tentang jenis-jenis kanker. Berikut adalah daftar jenis penyakit kanker yang berisiko tinggi menyerang wanita.

1. Kanker Payudara

Penyakit ini menjadi salah satu kanker yang paling umum ditemukan pada wanita. Data WHO mencatat bahwa pada tahun 2020, 2,3 juta wanita menerima diagnosis kanker payudara, menyebabkan 685.000 kematian global. Faktor hormonal dan genetik sering menjadi pemicu perkembangan kanker ini.

2. Kanker Serviks

Kanker yang Menyerang Wanita (via OncoDoc)

Salah satu kanker yang banyak menyerang wanita ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Penyakit ini seringkali tidak menimbulkan gejala hingga mencapai stadium lanjut. Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin tahunan dan vaksinasi agar dapat mencegah munculnya penyakit ini.

3. Kanker Ovarium

Kanker yang Menyerang Wanita (via Hello Sehat)

Kanker ovarium, meskipun tidak seumum kanker payudara, juga salah satu penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita. Karena gejalanya yang sering tidak terdeteksi secara dini, kanker ovarium seringkali baru terdiagnosis pada tahap lanjut. Kanker ini memengaruhi ovarium, tempat sel telur berkembang. Pemeriksaan rutin dan pemahaman tentang faktor risiko dapat membantu pendeteksian awal.

4. Kanker Kolorektal

Kanker yang Menyerang Wanita (via iStock)

Meskipun tidak spesifik hanya menyerang wanita, kanker kolorektal memiliki kecenderungan memengaruhi bagian usus wanita. Penyakit ini menyerang usus besar dan bagian bawah hingga anus. Sehingga faktor risiko utama penyebab munculnya penyakit ini bukanlah jenis kelamin, melainkan usia, riwayat keluarga, polip usus, atau kondisi medis lainnya.

Memahami jenis-jenis kanker yang menyerang wanita merupakan langkah awal yang penting dalam upaya pencegahan, deteksi dini, dan penanganan lebih lanjut. Pemeriksaan rutin dan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker ini. Kesadaran akan gejala serta upaya pencegahan menjadi kunci untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh kanker pada tubuh wanita.

Kanker yang Menyerang Wanita (via Alodokter)