3 Makanan Khas Korea yang Populer dari K-Drama, Pecinta Drakor Pasti Tahu

Banyak makanan khas Korea yang populer dari K-Drama dan kini diminati oleh masyarakat. Apakah makanan favoritmu salah satunya?

Korea Selatan memang selalu berhasil menarik peminat budaya, wisata, bahkan makanan khasnya melalui berbagai cara, termasuk K-drama. Makanya, nggak heran kalau kini banyak makanan tradisional Korea yang populer dari K-drama.

Seringnya muncul di serial drama Korea membuat makanan-makanan tersebut jadi populer dan dikenal di seluruh dunia. Lantas, makanan apa sajakah yang dimaksud? Berikut daftarnya yang berdasar dari berbagai sumber.

1. Ramyeon

Makanan khas Korea pertama yang sering muncul di K-Drama adalah ramyeon. Ramyeon adalah mie instan khas Korea yang menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Korea. Awalnya, berasal dari mie Jepang yang masuk ke Korea pada tahun 1960-an. Kemudian dimodifikasi dengan mie yang lebih tipis dan berkuah pedas, lalu berubah nama menjadi ramyeon.

Makanan Khas Korea (via Maangchi)

2. Tteokbokki

Makanan khas Korea selanjutnya yang juga sering muncul di K-Drama adalah tteokbokki. Makanan yang populer sebagai street food di Korea Selatan ini merupakan kue beras yang disajikan dengan saus merah kental dan pedas. Dalam K-Drama, tteokbokki disantap saat asapnya masih mengepul.

Dahulu, tteokbokki tidak dimasak dengan saus gochujang. Namun, ditusuk dengan lidi dan menjadi hidangan bangsawan di kerajaan. Lalu, setelah perang korea pada tahun 1950, makanan ini kemudian dicampur saus gochujang dan bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Makanan Khas Korea (via Wikipedia)

3. Gimbap

Terakhir, ada gimbap yang juga termasuk makanan khas Korea yang populer dari K-Drama. Gimbap merupakan nasi gulung yang biasanya dijadikan sarapan oleh orang Korea. Pembuatannya sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi, nggak salah kalau banyak orang Korea yang menjadikannya sebagai bekal.

Perlu diketahui, gimbap sebenarnya berasal dari Jepang dengan nama norimaki. Hingga pada tahun 1948, pemerintah Korea memutuskan untuk mengubah nama makanan ini menjadi gimbap sehingga lebih sesuai dengan ciri khas Korea.

Itu tadi beberapa makanan khas Korea yang populer dari K-Drama. Selain rasanya enak, tampilannya juga bikin penasaran dan menggugah selera. Kamu sudah pernah mencicipi yang mana?

Makanan Khas Korea (via iStock)