Cara Sederhana Membuat 2019 adalah Tahun Terbaik, Kamu Pasti Mau?!

Cara sederhana membuat tahun 2019 adalah tahun terbaik bisa kamu mulai dari sekarang. Tahun sebentar lagi berganti, artinya kamu perlu memperbarui diri.

Tahun baru sudah di depan mata. Kamu sudah menyiapkan apa buat meningkatkan capaianmu? Atau, sudah melakukan apa saja di tahun 2018? Apapun yang sudah dicapai, buat kedepan sebagai momen terbaikmu yuk! Begini cara sederhana membuat 2019 adalah tahun terbaik.

1. Ubah cara berpikir

Ini mudah bukan? Saat tahun kemarin dihinggapi pikiran negatif mengenai banyak hal, saat ini mulailah dengan berpikiran positif. Cara sederhana membuat tahun depan sebagai momen baik, mulai berpikiran positif. Dengan berpikiran positif, kamu akan menemukan hal-hal diluar dugaan. Ketika merasa nggak punya solusi, maka kamu akan punya inspirasi baru dan menemukan cara baru menyelesaikan masalah.

2. Fokus pada diri sendiri tapi bukan bersikap egois

Sebelum membantu dan memikirkan orang lain, kamu perlu memikirkan dirimu sendiri. Ini bukan berarti kamu harus menolak untuk membantu orang tercinta atau bahkan orang lain yang membutuhkan. Fokus dulu pada apa yang kamu butuhkan untuk langkah pertama. Baru setelahnya kamu bisa membantu orang lain. 

Setiap orang selalu membutuhkan bantuan, termasuk kamu sendiri. Menurut psikolog, dengan membantu atau memberi bantuan bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia. Saat kamu sudah 'selesai' dengan diri sendiri, maka kamu bisa lebih terbuka membantu orang lain tanpa meminta imbalan apapun. 

3.  Memaafkan bukan berarti melupakan

Tepat jika memaafkan kesalahan. Tapi jangan melupakannya begitu saja. Yuk, maafkan tindakan negatif yang melukai, perlakuan yang tidak membanggakan dan belajar dari kesalahan tersebut. 

Setiap orang selalu punya kesempatan kedua. Ini adalah tahun terbaikmu, jadi maafkan kejadian yagn tidak menguntungkan. Kemudian raih sesuatu yang lebih membanggakan dan membahagiakan.

Lampu bohlam (lifehack.com)

4. Minimalis

Nggak perlu panjang dan lebar untuk menjelaskan. Menjadi orang yang minimalis nggak boros membeli barang dengan pikiran 'suatu saat pasti membutuhkannya'. Pilihan untuk berbelanja dan melakukan sesuatu akan lebih efektif dan mengurangi rasa gelisah. 

Rencanakan segala sesuatunya dengan efektif. Sesuaikan dengan kemampuan dan lewati segala keterbatasan. Analoginya, jika melompat itu berat, berjalan pelan tapi selalu memandang ke depan. 

5. Buat tahun depan adalah tahun terbaik

Tahun terbaik artinya bisa menikmati segala rencana. Resolusi baru perlu direalisasikan. Nikmati hasil kerja kerasmu dengan orang terdekat, kekasih, sahabat lama dan keluarga. Buat tahun depan adalah tahun yang memorable dan nggak terlupakan dengan mudah. 

Dua tangan (bravotv.com)

Suda siap meraih capaian terbesarmu? Siapkan dari sekarang ya!

Tahun terbaik (risingsunchiro.com)