Kenapa Anak-Anak Sering Banget Sakit, Terutama Batuk Pilek? Ini Kata Dokter

Kenapa Anak-Anak Sering Banget Sakit, Terutama Batuk Pilek? Ini Kata Dokter

Karena anak-anak sering menyentuh hidung, mata, dan mulut, memasukkan benda ke dalam mulut, dan sering menyentuh satu sama lain saat bermain, kuman flu jadi sangat mudah menyebar. Selain itu, banyak pula kontak antara orang tua atau pengasuh dengan anak: berpegangan tangan, memungut, menyuapi, mengganti popok, dan sebagainya. Itulah kenapa anak sering sekali sakit dan terserang flu.

Anak bahkan dapat menderita pilek sebanyak 12 kali dalam setahun dan masih dalam kondisi normal. 

Rata-rata, orangtua mungkin akan melihat antara tujuh dan delapan infeksi dalam setahun. Jumlah ini mungkin lebih tinggi pada anak-anak yang beraktivitas di penitipan anak atau ketika sudah bersekolah. 

Anak kecil sering banget terserang flu (healthtalk.unchealthcare.org)

Gejala yang berlangsung hingga 14 hari juga merupakan hal yang normal bagi anak-anak. Dan terkadang batuk bisa bertahan hingga enam minggu. Itu berarti anak-anak bisa sakit hampir sepanjang tahun dan masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup normal.

Anak-anak di daycare (popmama.com)

# Yang Perlu Jadi Perhatian dari Orangtua

Nipunie S. Rajapakse, M.D., M.P.H., seorang spesialis penyakit menular anak di Mayo Clinic Children’s Center di Rochester, Minnesota, mengatakan bahwa orangtua tak perlu khawatir jika anaknya sering sakit.

Rajapakse lebih lanjut menjelaskan jika orangtua perlu waspada hanya jika seorang anak harus dirawat di rumah sakit setiap kali ia sakit.

Atau apakah ia sering memerlukan antibiotik IV untuk menjadi lebih baik? Apakah ia mengalami infeksi di lokasi tubuh yang jarang terjadi, seperti hati atau limpa? Atau, apakah ia terkena infeksi organisme yang tidak biasa?

Jika seorang anak mengalami diare kronis atau sering sakit sehingga berdampak pada pertumbuhannya, ini bisa menjadi petunjuk lain bahwa ada masalah yang lebih besar. 

Selain itu, orangtua juga perlu lebih perhatian jika beberapa hal di bawah ini terjadi pada anak:

1. Delapan atau lebih infeksi telinga dalam setahun

2. Dua atau lebih infeksi sinus serius dalam satu tahun

3. Dua bulan atau lebih menggunakan antibiotik dengan sedikit perbaikan

4. Dua atau lebih infeksi pneumonia dalam satu tahun

5. Abses kulit dalam atau organ yang berulang

6. Sariawan yang persisten di mulut atau di tempat lain setelah usia 1 tahun

7. Riwayat keluarga dengan imunodefisiensi primer

Orangtua perlu waspada jika anak sering masuk rumah sakit dalam setahun (mommiesdaily.com)