Debut Manis di UFC, Jeka Saragih Dapat Bonus Ratusan Juta

Jeka Saragih tampil memukau di UFC. Ia pun dapat bonus cukup besar.

Pertarungan perdana Jeka Saragih di UFC memukau dunia. Bayangkan saja ia mengalahkan Lucas Alexander hanya dalam waktu 90 detik saja pada ronde pertama. Pukulan Jeka menghantam di bagian wajah Lucas dan membuat pegulat tersebut jatuh dan wasit memberhentikan pertandingan dengan kemenangan Jeka.

Tentu Jeka mendapatkan uang setelah menang pada pertarungan lawan Lucas. Tercatat UFC memberikan uang kepada Jeka sebagai honor hingga bonus. Untuk honor tampil, pria berusia 28 tahun itu mendapat uang sekitar 35 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 545 juta. Sementara bonus tambahan yang ia dapatkan mencapai 50 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 775 juta.

Kemenangan Jeka membuka mata dunia bahwa Indonesia memiliki atlet MMA berbakat yang bisa mengguncang UFC. Usai laga lawan Lucas, Jeka pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia. “Terima kasih atas dukungannya, atas doanya juga dan saya bisa mencapai ke titik ini memenangkan pertandingan,” kata Jeka dikutip dari Instagram @jekasaragih.

Kabar Jeka Saragih bakal tampil di UFC sudah tersiar beberapa bulan silam. Awalnya Jeka akan bertarung melawan Jessi Butler tetapi akhirnya menghadapi Lucas Alexander yang memiliki berat 2 pound lebih berat dari Jeka. Bisa saja Jeka merasa keberatan dan enggan bertarung dengan Lukas. Tetapi Jeka tetap mau bertanding dan malah memenangkan pertarungan.

Jeka lahir pada 1 Januari 1995. Saat ini Jeka berusia 28 tahun dan memiliki tinggi badan 181 centimeter. Sejak remaja Jeka sudah mendalami bela diri. Namun ia memilih wushu. Saat menjadi atlet wushu, Jeka sudah mendapatkan prestasi seperti menjadi juara 1 ajang Kejurnas Wushu di Yogyakarta. 

Kemudian membela Indonesia dalam pertandingan Wushu di Filipina walaupun tak membawa piala. Jeka juga membela Sumatera Utara dalam ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON. Orangtua Jeka sebenarnya melarang bila putra mereka memilih menjadi atlet bela diri sebagai pilihan hidupnya. 

Jeka Saragih UFC (Juara.net)

Tapi semangat Jeka tak kendur dan mulai tertarik berlatih MMA hingga pada tahun 2017 langsung menjadi juara MMA One Pride kelas 70 Kilogram. Setelah menjadi juara nama Jeka populer dan terkenal. Ia menjadi atlet MMA yang disegani lawan. Satu Indonesia mengakui jika Jeka atlet berprestasi. 

Puncak prestasi yang didapat Jeka Saragih dengan menjadi juara interim One Pride MMA kelas ringan. Kemudian ia mendapatkan kabar gembira karena pihak UFC tertarik untuk mengontraknya. Tentu penawaran ini tak mungkin ditolaknya.

Jeka Saragih UFC (Instagram @jekasaragih)