Mengenal Gejala Sakit Kepala Sinus dan Cara Mengatasinya

Mengenal Gejala Sakit Kepala Sinus dan Cara Mengatasinya

Jika kamu memiliki sinus, kamu mungkin pernah mengalami sakit kepala di beberapa titik.  Kamu mungkin merasakan nyeri tumpul yang terus-menerus di belakang mata atau di tulang pipi, dahi, dan pangkal hidung. Rasa sakitnya semakin parah ketika kamu menggerakkan kepala secara tiba-tiba atau membungkuk. 

Biasanya, sakit kepala sinus akan hilang setelah infeksi sinus selesai.

# Apa Penyebab Sakit Kepala Sinus?

Jika kamu mengalami sakit kepala sinus, penyebabnya mungkin adalah infeksi virus atau bakteri pada sinusmu. Sinus adalah serangkaian ruang berongga yang terhubung di belakang tulang pipi, dahi, dan hidung. Udara yang masuk melalui hidung mengalir melalui sinus menuju paru-paru.

Sinusmu dilapisi dengan jaringan. Mereka juga menghasilkan lendir yang menjaga kelembapan hidung dan menjebak penyusup seperti bakteri, virus, jamur, dan alergen pembawa debu.

Macam-macam sakit kepala (hellodokter.com)

Biasanya, lendir yang mengalir bebas akan membawa penyusup sebelum mereka dapat menimbulkan masalah pada sinusmu. Namun terkadang reaksi sinusmu terhadap penyusup memicu reaksi berantai yang menyebabkan sakit kepala sinus.

Pertama, sinusmu mulai menghasilkan lebih banyak lendir. Lendir yang menumpuk di sinus menciptakan tempat di mana penyusup seperti bakteri dan virus dapat menetap dan berkembang. Tumbuhnya penyusup membuat jaringan sinus membengkak, memerangkap lendir sehingga tidak bisa mengalir dari sinus. Akibatnya sinus menjadi bengkak, teriritasi, berisi cairan sehingga membuat wajah terasa pegal dan perih.

Lendir yang berlebihan di dalam rongga sinus dapat menyebabkan nyeri di beberapa bagian kepala (dinkominfo.demakkab.go.id)

# Pengobatan Sakit Kepala Sinus

Sakit kepala sinus terjadi karena kamu mengalami infeksi sinus. Penyedia layanan kesehatan dapat mengobati infeksi bakteri dengan antibiotik. Infeksi virus biasanya hilang tanpa pengobatan.

Penyedia layanan kesehatan mungkin juga merekomendasikan obat lain untuk meredakan ketidaknyamanan, seperti:

1. Antihistamin untuk mencegah gejala alergi.

2. Dekongestan untuk mengurangi pembengkakan di hidung dan sinus.

3. Obat pereda nyeri untuk meredakan sakit kepala.

4. Steroid untuk mengurangi peradangan.

# Cara Mengatasi Sakit Kepala Karena Sinus

Anda memerlukan pengobatan untuk mengatasi sakit kepala sinus. Namun ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meredakan tekanan dan nyeri sinus:

1. Oleskan kompres hangat ke area wajah yang nyeri.

2. Gunakan dekongestan untuk mengurangi pembengkakan sinus dan mengalirkan lendir.

3. Cobalah semprotan atau obat tetes hidung saline untuk mengencerkan lendir.

4. Gunakan alat penguap atau hirup uap dari panci berisi air matang. Udara hangat dan lembap dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Jika sakit kepala sinusmu terjadi karena reaksi alergi dan infeksi virus, cara-cara di atas mungkin akan berhasil mengatasinya. Tapi jika tidak berhasil, kemungkinan besar sakit kepala sinusmu terjadi karena infeksi bakteri. Itu tandanya kamu perlu memeriksakannya ke dokter.

Menghirup uap panas dari panci bisa mengurangi sakit kepala akibat sinus (health.okezone.com)