3 Alasan Harus Berhati-hati Saat Pakai Wi-Fi Publik, Ngeri Deh!

Kamu tetap harus berhati-hati saat memakai Wi-Fi publik karena ada banyak risiko yang mengintai dan berpotensi membahayakan. Apa saja?

Wi-Fi umum memang kini sengaja disediakan oleh sejumlah tempat untuk menarik perhatian pengunjung. Mulai dari kafe, warung kopi, hingga bandara. Fasilitas tersebut memang menguntungkan, tapi kamu tetap harus berhati-hati saat memakai Wi-Fi publik ya.

Zaman sekarang banyak hal yang sudah bisa dilakukan secara online, dari bekerja hingga memesan makanan. Karena itu, kita perlu akses internet di mana saja dan kapan saja, termasuk memanfaat Wi-Fi publik. Buat kamu yang sering memanfaatkan jaringan internet publik, kamu wajib tahu beberapa alasan berikut ini saat menggunakan Wi-Fi publik.

1. Awas Malware

Alasan pertama kamu wajib berhati-hati saat menggunakan Wi-Fi publik adalah karena ada jaringan internet yang dipakai banyak orang biasanya rentan malware. Malware adalah singkatan dari malicious software yang bisa membahayakan perangkat yang kamu gunakan.

Tentu saja, jika perangkat kamu sudah disusupi malware, maka orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini bisa mencuri semua data kamu, mulai dari foto, data pribadi, dan lain sebagainya. Jadi selama menggunakan Wi-Fi publik, sebaiknya kamu jangan asal klik tautan ya.

Bahaya Wi-Fi Publik (via Eraspace)

2. Hotspot Wi-Fi Palsu

Selain karena ada malware yang rentan menyusup, kamu juga harus berhati-hati pada hotspot Wi-Fi palsu. Jangan sampai kamu terjebak menggunakan Wi-Fi tersebut. Sebab, Wi-Fi palsu tersebut memang sengaja dibiarkan terbuka tanpa pasword dengan tujuan mencuri data orang-orang yang memakai jaringan tersebut. Seperti akun media sosial, rekening bank, hingga identitas diri.

Bahaya Wi-Fi Publik (via ABC13)

3. Serangan Man In The Middle

Alasan terakhir kenapa kamu harus berhati-hati saat menggunakan Wi-Fi publik adalah karena terdapat serangan man in the middle. Maksudnya adalah ketika kamu tengah asyik berselancar, maka oknum peretas ini akan melancarkan aksinya mencuri data pribadi, kartu kredit, dan internet banking milikmu.

Selain poin-poin di atas, pastinya ada banyak alasan kamu harus berhati-hati saat memakai Wi-Fi publik. Jangan karena internet gratis lalu keasyikan sehingga jadi korban tindak kejahatan. Lebih baik gunakan paket data sendiri supaya keamananmu lebih terjamin.

Bahaya Wi-Fi Publik (via IDCloudHost)