Wanita Ini Mengeluh Perut Besar Seperti Hamil, Ternyata Kena Kista Ginjal

Wanita Ini Mengeluh Perut Besar Seperti Hamil, Ternyata Kena Kista Ginjal

Seorang wanita di Pemalang, Jawa Tengah, bernama Putri (23) mengeluh soal kondisi perutnya yang memebsar seperti ibu hamil.

Kisahnya itu ia ceritakan dalam akun TikTok pribadi @alsy.putri. Awalnya ia sering mengalami sakit perut karena sejak lama dirinya sudah memiliki penyakit asam lambung. 

Putri pun menganggap jika sakitnya itu akibat kelelahan biasa.

"Kalau gejala aslam dan lain-lain itu udah sering aku rasain cuma mikirnya ya sakit lambung biasa soalnya emang udah sering sakit," jelas Putri kepada detikcom, Selasa (31/10/2023).

Alih-alih membaik, sakit perut yang ia alami kian memburuk. Dirinya pun memeriksakan diri ke puskesmas. Namun, dokter hanya menyatakan bahwa ia sakit lambung.

"Jadi aku selalu ngeluh perut sakit, aku pikir aslam naik. Terus aku periksa ke puskesmas, kata dokter ini dari lambung," ungkapnya.

Sebelumnya pun ia juga sempat mengalami sakit gigi dan mengkonsumsi antibiotik. Saat itulah, Putri mulai merasa kondisi perutnya semakin sakit dan perih. Apalagi bagian bawah perutnya juga tampak membesar.

Viral kisah wanita menderita kista ginjal, disangka hamil (via tiktok)

Alhasil, Putri pun mencoba memeriksakan diri ke beberapa klinik termasuk dokter kandungan.

"Di klinik pertama katanya 'oh ini karna lambungnya mbak' gitu, tapi pas minum obatnya kok masih sakit. Akhirnya aku coba priksa ke klinik yang berbeda, dan sempet usg ke dokter kandungan takutnya ada masalah di rahimku. Tapi ternyata semuanya aman dan dokter juga bilang ini karna lambung, terus cuman dikasih obat," ujar Putri.

Seiring bertambahnya waktu, rasa sakit yang dikeluhkannya kian parah. Putri mulai merasa nyeri di perutnya semakin hebat, apalagi di bagian kanan atas. Bahkan, kondisinya itu membuat kesulitan untuk bergerak.

"Tapi kok lama lama sakitnya parah sampe buat duduk sakit buat jalan sakit tidur pun nggak bisa miring kanan atau kiri. Akhirnya pas lagi kerja aku udah gakuat lagi aku beraniin diri priksa ke rumah sakit," terangnya.

Setelah menunggu hasil dokter, kondisi Putri semakin drop hingga dilarikan ke IGD. Ia pun dirujuk untuk melakukan USG abdomen. 

Usai diperiksa, ternyata ada begitu banyak penumpukan gas di lambung sekaligus kista di bagian ginjal kanannya.

"Pas dicek ternyata ada penumpukan gas dari lambung sampai sepanjang usus dan pas dilihat dibagian ginjal ada kayak benjolan kecil gitu. Nah, disebut dokternya itu kista. Kalo ginjal ukuran 8cm sedangkan kistaku ukurannya 2,5 x 2,6cm jadi masih termasuk yang kecil," imbuhnya.

Tak cuma sampai di situ, dokter mengatakan jika ada penurunan fungsi ginjal sehingga kadar kreatininnya menjadi tak seimbang.

Lalu ketika melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengann spesialis penyakit dalam, dirinya divonis infeksi lambung, kista ginjal, anemia, dan radang saluran kencing sekaligus.

"Besoknya langsung diambil darahnya buat cek lab ternyata hasilnya kreatinin rendah, anemia, Hb rendah juga nah kenapa akhirnya dokter juga bilang kalo creatinin ngga balance jadi ada penurunan fungsi ginjal. Pas dipriksa lagi sama spesialis dalamnya ternyata infeksi lambung, kista ginjal, anemia sama radang saluran kencing," terangnya.

Putri menjelaskan bahwa biang dari penyakit yang diidapnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Ia mengaku jarang makan, tetapi gemar mengonsumsi jajanan yang serba pedas dan minuman manis. Terlebih, dirinya jarang berolahraga dan minum air putih.

"Buat kalian yang masih dikasih sehat yuk dijaga lagi pola makannya sebelum menyesal. Aku juga jarang olahraga bahkan hampir gpernah jadi sakitnya jadi macem2," terang putri dalam salah satu postingan caption TikTok-nya.

Viral kisah wanita menderita kista ginjal, disangka hamil (via tiktok)