Penyebab Perempuan Gemuk Setelah Menikah, Benarkah Faktor Kebahagiaan?

Benarkah penyebab perempuan gemuk setelah menikah karena faktor kebahagiaan? Agar lebih jelas, coba deh cek ulasan berikut ini!

Pernah nggak sih kamu menemui temanmu yang langsing singset sebelum menikah, namun jadi lebih berisi setelah menikah? Benarkah penyebab perempuan gemuk setelah menikah karena faktor kebahagiaan?

Mengutip laman HelloSehat, sebenarnya ada sejumlah alasan yang membuat seseorang menjadi gemuk setelah menikah, terutama pada perempuan. Menurut sebuah penelitian, kenaikan berat badan ini umumnya terjadi setelah 5 tahun usia pernikahan. Lantas, apa saja yang menyebabkan perempuan menjadi gemuk pasca menikah? Berikut beberapa di antaranya:

1. Prioritas Berubah

Sebuah penelitian di Southern Methodist University, Dallas menyebutkan bahwa sejumlah pasangan yang baru menikah mengaku mengalami kenaikan berat badan karena prioritas hidup mereka yang telah berubah.

Sebelum menikah, mereka fokus merawat diri dan menjaga berat badan karena ingin menemukan pasangan yang diinginkan. Dan setelah menikah, motivasi tersebut menurun, karena lebih fokus mengurus suami dan anak, sehingga tidak terlalu peduli dengan berat badan.

2. Pengaruh Kebiasaan Pasangan

Penyebab Perempuan Gemuk Setelah Menikah (via Parapuan)

Tahu nggak sih, kalau kebiasaan pasangan ternyata bisa sangat berpengaruh pada peningkatan berat badan setelah menikah lho. Terlebih jika usia pernikahan sudah lebih dari 2 tahun, tentu saja kebiasaan pasangan sedikit banyak ada yang kita tiru.

Terkecuali jika kalian sama-sama ketat soal kesehatan, maka mungkin ada saja kebiasaan buruk yang menular. Misalnya seperti makan makanan cepat saji atau ngemil sambil bermalas-malasan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut tanpa disadari bisa menjadi penyebab perempuan gemuk setelah menikah.

3. Pengaruh Kehamilan

Penyebab Perempuan Gemuk Setelah Menikah (via Detik)

Meski tidak semua orang mengalami kegemukan setelah hamil, namun kebanyakan perempuan mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan. Sayangnya, setelah melahirkan, berat badan tidak begitu saja kembali seperti semula. Terkadang kesibukan mengurus anak membuat waktu untuk mengurus diri sendiri menjadi berkurang. Karena itulah, berat badan tidak cepat turun seperti sedia kala.

4. Perubahan Hormon

Penyebab Perempuan Gemuk Setelah Menikah (via Alodokter)

Faktanya, tubuh manusia akan terus mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini, perubahan hormonal dalam tubuh perempuan juga dapat memengaruhi berat badan. Selain dari kehamilan, perubahan hormon yang terkait dengan usia atau kondisi medis tertentu juga dapat memainkan peran.

Misalnya saat seorang perempuan memasuki masa menopause, maka aka nada perubahan yang membuat metabolisme tubuh menurun sehingga sulit menjaga bentuk tubuh. Karena kebanyakan perempuan mengalami fase ini setelah menikah, maka banyak orang yang menganggap hal ini terjadi akibat pernikahan.

Jadi bukan selalu karena bahagia, namun ternyata ada banyak penyebab perempuan gemuk setelah menikah. Walau tidak semua orang mengalami, namun tidak ada salahnya jika kamu melakukan tindakan preventif mengatasi kegemukan agar bisa sehat lebih lama.

Penyebab Perempuan Gemuk Setelah Menikah (via Dokter Sehat)