4 Penyebab Sulit Menabung yang Jarang Disadari, Padahal Gampang Lho!

Banyak sekali penyebab sulit menabung yang jarang disadari, sehingga membuat banyak orang tidak memiliki tabungan apapun.

Semua orang pasti setuju kalau menabung memiliki banyak manfaat, terutama saat kamu sedang membutuhkan dana darurat. Namun sayangnya, banyak sekali penyebab sulit menabung yang jarang disadari, sehingga membuat banyak orang tidak memiliki tabungan apapun dan kebingungan saat kondisi darurat.

Sebenarnya menabung adalah hal yang mudah. Kamu tidak perlu bingung tentang berapa nominal yang harus kamu tabung. Berapapun nominalnya, kamu bisa kok menabungnya. Meski sedikit, jika dikumpulkan tentu lama-lama akan menjadi bukit. Nah, kalau sampai sekarang kamu masih kesulitan menabung, yuk cari tahu apa saja penyebabnya agar kamu bisa mengatasinya.

1. Bukan Prioritas

Banyak orang yang masih belum memprioritaskan menabung dalam hidupnya. Karena itulah, menabung menjadi hal yang sulit. Jangankan menabung, terkadang membayat hutang saja bisa tidak menjadi prioritas karena tergeser dengan keperluan lainnya.

2. Punya Banyak Cicilan

Penyebab Sulit Menabung (via IDN Times)

Saat ini manusia memang dimudahkan dengan program kredit yang diadakan oleh lembaga perbankan. Bagaimana tidak, kamu bisa membawa barang yang diinginkan dan bisa dibayar dengan cara dicicil setiap bulan.

Sayangnya, cicilan yang terlalu banyak bisa membuat kamu lupa dengan kegiatan menabung. Jangan menabung, terkadang karena banyaknya cicilan akhirnya uang gaji hanya tersisa sedikit untuk hidup sehari-hari.

3. Lingkungan Buruk

Penyebab Sulit Menabung (via Finansialku)

Tahu nggak sih kalau lingkungan yang buruk bisa mempengaruhi kebiasaan menabungmu lho. Ketika kamu berada dalam lingkungan yang hobi jajan tanpa memikirkan tabungan, kamu akan ikut terbawa kebiasaan tersebut. Namun jika kamu berada dalam lingkungan yang mendukung kegiatan menabung, maka kamu pasti akan berhasil.

4. Tidak Mengelola Uang dengan Baik

Penyebab Sulit Menabung (via Okezone)

Pengelolaan uang yang baik sangat penting untuk mendukung kegiatan menabung. Kalau pengelolaan keuanganmu buruk, maka jangan harap kamu bisa menabung. Kamu selalu merasa, selama kamu masih punya uang, maka kamu bebas membeli apapun. Padahal kamu harus memilih mana hal yang benar-benar dibutuhkan dan tidak.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab sulit menabung. Kalau kamu termasuk yang sulit menabung juga?

 

Penyebab Sulit Menabung (via Detik)