Mata Kedutan, Kenali Penyebabnya

Mata Kedutan katanya sih ada beberapa penyebab~

Pernahkah kamu merasakan kedutan di mata? Kira-kira apa yang kamu rasakan? Tenang! Kelopak mata yang berkedut itu sudah umum gengs.

Mata kedutan biasa disebut dengan "myokymia" di dalam istilah kedokteran. Itu adalah peristiwa ketika otot yang berkontraksi sekilas-sekilas yang melibatkan kelopak mata bawah di salah satu mata. Kelopak mata juga bisa berkedut.

Kebanyakan penyebab mata berkedut itu bisa mudah datang dan pergi, namun bisa jadi mata berkedut selama beberapa minggu bahkan bulan. Kenapa ya penyebabnya? Coba kita simak penyebabnya di bawah ini.

1. Alergi

Mata kedutan bisa saja disebabkan oleh sebuah alergi pada mata. Hal itu dapat menimbulkan pembengkakakn dan mata berair ketika mata dikucek.

Akibat pelepasan histamine pada jaringan kelopak mata dan kantung air mata maka akan menyebabkan mata kita kedutan.

Alergi(merdeka.com)

2. Mata yang kering

Kebanyakan orang dewasa sering sekali mengalami mata kering. Mata kering bisa disebabkan karena penggunaan komputer, membaca secara berlebihan.

Akibat mata yang terlalu kering bisa juga membuat mata kamu kedutan. Namun perlu kamu ingat, mata yang berkedut pada saat mata kering perlu kamu cek kedokter deh.

Mata yang kering (mathanoi2.vn)

3. Alkohol

Penyebab mata kita kedutan bisa juga dipengaruhi karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan lho gengs.

Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan kelopak mata kita kedutan, jadi ada baiknya kurangi deh intensitas meminum alkohol.

Alkohol (merriam-webster.com)

4. Stres

Apabila kita sedang ada di bawah tekanan yang sangat tinggi yang dapat membuat stres berat, hal itu bisa membuat mata kita kedutan lho.

Kedutan saat stres berarti buruk, makanya kamu perlu deh luangkan waktu sejenak untuk bepergian, dan main bersama teman-teman agar tidak terbebani pikiranmu.

Stres (heart.org)

5. Ketegangan pada mata

Ketika kamu membutuhkan kaca mata atau mengganti kacamata biasanya hal itu bisa membuat mata kamu jadi tegang. Masalah penglihatan itulah yang akhirnya dapat membuat mata kamu jadi kedutan.

Ketegangan mata juga bisa disebabkan penggunaan komputer, hp, dan laptop secara berlebihan. Hal itu bisa menjadi pertanda kalau mata kamu lelah.

Jadi gimana gengs, sekarang paham kan apa saja yang bisa menyebabkan mata kita jadi kedutan? Jadi ada baiknya mata kita kita jaga dan kurangi beberapa penyebab seperti diatas yach~

Ketegangan pada mata (majalah-holiday.com)