Dari Kebiasaan Sepele, Ini Penyebab Munculnya Komedo yang Jarang Disadari

Banyak orang yang belum menyadari penyebab munculnya komedo yang umumnya berasal dari kebiasaan sepele. Apa saja?

Selain jerawat, komedo adalah salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini disebabkan banyak orang yang belum menyadari penyebab munculnya komedo yang umumnya berasal dari kebiasaan sepele.

Siapa menyangka, kebiasaan sepele tersebut justru membuat wajah dipenuhi dengan komedo yang membandel. Lantas, apa saja sih yang menyebabkan komedo sering muncul tanpa disadari? Berikut ini daftarnya.

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak

Mengutip laman Halodoc, hal pertama yang menyebabkan komedo sering muncul adalah seringnya kamu mengonsumsi makanan berlemak. Perlu diketahui sisa lemak yang dikonsumsi akan berubah menjadi komedo yang muncul tidak hanya di area wajah, tapi juga pada leher dan punggung.

Sejumlah makanan berlemak yang bisa memicu munculnya komedo antara lain seperti, cokelat, es krim, kacang tanah, karamel, dan susu. Untuk lebih jelasnya, jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu, coba konsultasikan dengan ahli gizi atau ahli kecantikan.

2. Terlalu Sering Memegang Wajah

Penyebab Munculnya Komedo yang Jarang Disadari (via Medcom)

Selain terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, terlalu sering memegang wajah juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Tangan merupakan sarang kuman. Dan tanpa kamu sadari, saat kamu memegang wajah, otomatis kamu sedang memindahkan kuman dari tangan ke wajah. Jika wajah kamu sedang berjerawat, terlalu sering menyentuh wajah akan membuat jerawat semakin meradang dan sulit sembuh.

3. Jarang Membersihkan Wajah

Penyebab Munculnya Komedo yang Jarang Disadari (via Female Daily Editorial)

Sama seperti tangan dan badan, wajah juga harus rutin dibersihkan. Karena komedo juga bisa muncul jika kamu jarang membersihkan wajah, terutama setelah menggunakan riasan dan beraktivitas seharian. Maka dari itu, biasakan untuk menghapus makeup dan mencuci wajah setiap sebelum tidur. Agar wajah kamu juga bisa beristirahat saat kamu sedang tertidur lelap.

4. Salah Memilih Makeup

Penyebab Munculnya Komedo yang Jarang Disadari (via Kompas)

Salah memilih makeup juga bisa menyebabkan komedo muncul lho. Pasalnya, formula yang kurang cocok akan membuat masalah baru pada permukaann kulit, misalnya ketika kulitmu cenderung berminyak, namun kamu malah menggunakan produk untuk kulit kering.

Untuk menghindari masalah, sebaiknya pilih makeup yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kamu membeli produk yang kurang tepat, maka pori-pori wajah bisa membesar dan membuat minyak. Setelah kotoran menumpuk, lama-kelamaan akan menjadi komedo.

Demikian beberapa penyebab munculnya komedo yang jarang disadari. Jadi jangan heran kalau kamu mengalami masalah kulit padahal sudah menggunakan produk skincare super komplet. Mulai sekarang coba perhatikan lagi, mungkin ada kebiasaanmu yang salah selama ini.

Penyebab Munculnya Komedo yang Jarang Disadari (via KlikDokter)