Hidangan Tahun Baru di Seluruh Dunia, Kamu Pasti Belum Tahu~

Hidangan tahun baru di seluruh dunia, kira-kira appa aja ya?

Tahun baru tinggal menghitung hari lagi. Gak kerasa ya sudah mau pergantian tahun lagi, padahal kayaknya baru kemaren deh tahun baru, eeeeh! sekarang sudah mau tahun 2019 aja.

Pastinya merayakan tahun baru itu sudah lumrah banget dengan kembang api. Gimana dengan tradisi di beberapa daerah ini. Mereka merayakan tahun baru dengan memakan makanan tertentu di saat pergantian tahun. Seru tuh! kira-kira dimana dan makan apa aja ya, kepoin yuk~

Telur Mentah El Savador

Tahukah kamu di El Savador satu menit sebelum tengah malam di perayaan Tahun Baru mereka memiliki kebiasaan yang tergolong unik.

Pasalnya warga El Salvador memiliki kebiasaan memecah telur mentah ke dalam gelas yang berisi air. Ketika jam berdentang menunjukan pukul 00.00 waktu setempat semua akan melihat apa bentuk kuning telur mereka, sebagai penanda hal baru yang akan datang seiring dengan pergantian tahun, kemudian memakanya.

Telur mentah (advancedsciencenews.com)

Anggur , Spanyol

Dalam kebiasaan orang Spanyol saat menyambut pergantian Tahun Baru mereka juga memiliki kebiasaan yang tak kalah menarik lho.

Tepat jarum panjang jam di angka 12 para warga Spanyol biasanya memakan 12 anggur, satu persatu. Anggur tersebut merupakan simbol setiap bulan dan tahun akan datang. Anggur yang manis menandakan bulan yang baik. Sementara anggur yang masam berarti bulan tersebut adalah bulan yang buruk. Gokil!

Anggur, Spanyol (Healtheatingfood.com)

Buttered Bread, Irlandia

Kalau di Irlandia ada kebiasaan unik yang beda lagi dengan negara-negara lainya. Dalam rangka menyambut Tahun Baru mereka biasanya memasak butter bread.

Butter bread yang sudah dimasak akan ditaruh di depan pintu mereka. Nantinya roti itu akan diambil oleh anak-anak yang tinggal didaerah situ untuk dinikmati.

Buttered Bread (Food52.id)

Mie Soba, Jepang

Bicara perayaan Tahun Baru pastinya sudah beda lagi di negara Jepang dong ya~ Di negara matahari terbit itu juga memiliki kebudayaan yang unik dalam menyambut tahun yang baru.

Orang Jepang mempunyai tradisi memakan soba toshikoshi, yaitu soba berukuran panjang yang merupakan simbol dari umur yang panjang. Uniknya, si pemakan tidak boleh memotong soba dengan gigi ataupun cara lain, melainkan harus mencucupnya sampe habis. Emmmm... Bikin laper deh~

Mie Soba, Jepang (matcha-jp.com)

Vasilopita, Yunani

Vesilopia merupakan kue kopi dengan balutan almond yang berbentuk bulat. Roti ini merupakan roti tradisi dalam penyambutan perayaan Tahun Baru di beberapa negara di Eropa.

Uniknya, Visilopita dianggang dengan sebuah koin yang dimasukan kedalamnya. Koin tersebut dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi siapa saja yang menemukan.

Wah, emang unik-unik ya kebiasaan kuliner dalam rangka menyambut Tahun Baru di seluruh Negara. Wah jadi auto pingin nyobain deh, yummy~

Vasilopita (GreekReporter.com)