Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja agar Lebih Berkesan di Kantor Baru

Kamu wajib tahu nih bagaimana cara menghadapi hari pertama kerja di kantor baru agar lebih berkesan dan hari-hari selanjutnya jadi lebih menyenangkan.

Kamu wajib tahu nih bagaimana cara menghadapi hari pertama kerja di kantor baru. Bagaimana tidak, hari pertama kerja begitu berharga. Sebab kamu telah berhasil melewati segala proses seleksi, dan menjadi yang terpilih dari sekian banyak pelamar lainnya. Nah, buat kamu yang akan menghadapi hari pertama di kantor baru, yuk terapkan tips berikut ini agar hari pertamamu bekerja jadi lebih berkesan. Apa saja?

1. Pilih Pakaian Kerja yang Nyaman

Di hari pertamamu bekerja jangan lupa untuk memilih pakaian kerja yang nyaman dan tidak terlalu mencolok. Pilih warna dan model yang simple dan tidak terlalu mengundang perhatian. Dengan begitu, kamu tidak akan menjadi buah bibir para senior di kantor.

2. Sapa Rekan Kerja

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja (via Glints)

Selain memilih pakaian kerja yang nyaman, ada baiknya di hari pertamamu bekerja kamu menyapa rekan-rekanmu yang ada di kantor baru. Meski kamu adalah anak baru, tidak ada salahnya kok memperkenalkan diri terlebih dahulu. Buat percakapan santai dan bersikap ramah. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman berteman denganmu.

3. Jangan Membahas Hal Sensitif

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja (via Kompas)

Sebagai anak baru, sebaiknya kamu tidak membahas hal-hal sensitif yang bisa menimbulkan kegaduhan di kantor. Misalnya seperti membicarakan agama, politik, terlebih soal gaji. Sebaiknya dihindari deh.

4. Inisiatif

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja (via Women Lead)

Sebagai anak baru di kantor, sebaiknya jangan ragu untuk inisiatif bertanya tentang pekerjaan yang belum kamu pahami. Jangan tunggu ditegur baru bertanya. Sebab atasan lebih suka dengan karyawan yang aktif daripada pasif.

5. Jangan Mengumbar Kehidupan Pribadi

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja (via Glints)

Di hari pertama kerja, ada baiknya jangan menceritakan tentang kehidupan pribadimu. Apalagi ikut bergosip dan mengomentari hidup orang lain. Ada baiknya kamu bersikap netral agar kamu tidak memberikan kesan buruk di hari pertama kerja.

Nah, itu tadi beberapa tips menghadapi hari pertama kerja agar makin berkesan. Perlu diingat bahwa kesan pertama bisa sangat menentukan hari-harimu di tempat kerja nanti. Jadi jangan memberikan image yang buruk ya!

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja (via Glints)