Isyana Sarasvati Keguguran, Berikut Beberapa Hal yang Bisa Menyebabkan Janin di Kandungan Berhenti Tumbuh

Isyana Sarasvati Keguguran, Berikut Beberapa Hal yang Bisa Menyebabkan Janin di Kandungan Berhenti Tumbuh

Keguguran adalah akhir kehamilan yang tidak terduga pada 20 minggu pertama kehamilan. Hanya karena disebut “keguguran” bukan berarti seorang wanita melakukan kesalahan dalam mengandung. Kebanyakan keguguran berada di luar kendali dan terjadi karena janin berhenti tumbuh.

Isyana Sarasvati umumkan keguguran (kapanlagi.com)

# Jenis-jenis keguguran

Berikut ini beberapa jenis keguguran yang didiagnosis tenaga medis spesialis kandungan:

1. Keguguran yang terlewatkan: Bumil telah kehilangan kehamilan tetapi tidak menyadarinya. Tidak ada gejala keguguran, namun hasil USG memastikan janin tidak memiliki detak jantung.

2. Keguguran total: Bumil kehilangan kehamilan dan rahim kosong. Bumil pernah mengalami pendarahan dan mengeluarkan jaringan janin. Tenaga medis dapat memastikan keguguran total dengan USG.

3. Keguguran berulang: Keguguran tiga kali berturut-turut. Ini mempengaruhi sekitar 1% pasangan.

4. Ancaman keguguran: Leher rahim tetap tertutup, tetapi ibu mengalami pendarahan dan mengalami kram panggul. Kehamilan biasanya berlanjut tanpa masalah lebih lanjut. Penyedia layanan kehamilan mungkin akan memantau bumil lebih dekat selama sisa kehamilan.

5. Keguguran yang tak terhindarkan: bumil mengalami pendarahan, kram, dan leher rahim mulai terbuka (melebar). Bumil mungkin mengeluarkan cairan ketuban. Kemungkinan besar terjadi keguguran total.

Keguguran saat hamil (tirto.id)

# Faktor Penyebab Keguguran

Kelainan kromosom menyebabkan sekitar 50% dari seluruh keguguran pada trimester pertama (sampai 13 minggu) kehamilan. Kromosom adalah struktur kecil di dalam sel tubuh yang membawa gen kita. Gen menentukan semua atribut fisik seseorang, seperti jenis kelamin, warna rambut dan mata, serta golongan darah.

Selama pembuahan, ketika sel telur dan sperma bergabung, dua set kromosom bersatu. Jika sel telur atau sperma memiliki jumlah kromosom lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya, maka janin akan memiliki jumlah kromosom yang tidak normal. Saat sel telur yang telah dibuahi tumbuh menjadi janin, sel-selnya membelah dan berkembang biak beberapa kali. Kelainan selama proses ini juga menyebabkan keguguran.

Kebanyakan masalah kromosom terjadi secara kebetulan. Tidak sepenuhnya diketahui mengapa hal ini terjadi.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keguguran:

1. Infeksi.

2. Paparan penyakit TORCH.

3. Ketidakseimbangan hormonal.

4. Implantasi sel telur yang telah dibuahi secara tidak tepat pada lapisan rahim Anda.

5. Usia bumil.

6. Kelainan rahim.

7. Leher rahim tidak kompeten (leher rahim mulai terbuka terlalu dini pada kehamilan).

8. Faktor gaya hidup seperti merokok, minum alkohol atau menggunakan narkoba.

9. Gangguan pada sistem kekebalan tubuh seperti lupus.

10. Penyakit ginjal yang parah.

11. Penyakit jantung bawaan.

12. Diabetes yang tidak dikelola.

13. Penyakit tiroid.

14. Radiasi.

15. Obat-obatan tertentu, seperti obat jerawat isotretinoin (Accutane®).

16. Malnutrisi parah.

Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah bahwa stres, olahraga, aktivitas seksual, atau penggunaan pil KB dalam waktu lama dapat menyebabkan keguguran. Apapun situasinya, penting untuk tidak menyalahkan diri sendiri karena mengalami keguguran. Kebanyakan keguguran tidak ada hubungannya dengan sesuatu yang kamu lakukan atau tidak lakukan.

Hasil USG Aurel Hermansyah saat keguguran (sonora.id)