Nggak Usah Panik, Ini 4 Tips Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula

Kamu tahu bagaimana tips naik pesawat terbang bagi pemula biar nggak gampang panik. Simak ulasannya berikut ini!

Bagi sebagian orang, bepergian dengan menggunakan pesawat adalah hal biasa. Namun bagi orang yang baru pertama kali memiliki pengalaman tersebut, tentu saja naik pesawat adalah hal istimewa. Karena itu, kamu harus tahu tips naik pesawat terbang bagi pemula biar nggak gampang panik.

Pesawat terbang merupakan salah satu transportasi umum yang menjadi favorit banyak orang. Selain karena nyaman, waktu tempuh yang lebih cepat juga menjadi pertimbangan. Nah, buat kamu yang baru pertama kali menggunakan transportasi udara yang satu ini, nggak perlu grogi atau panik, asal lakukan beberapa tips berikut ini ya.

1. Datang 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Karena kamu baru pertama kali naik pesawat, sebaiknya datang di bandara 2 jam sebelum keberangkatan. Sebab, setibanya di bandara, kamu tidak langsung terbang. Namun ada beberapa prosedur penerbangan yang harus kamu lalui, seperti pemeriksaan keamanan dan tas bawaan kamu, check in, hingga boarding. Jadi sebaiknya, datang lebih awal di bandara agar kamu tidak ketinggalan pesawat.

2. Jangan Lupa Check-in

Tips Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula (via Travel Kompas)

Sebelum terbang, kamu harus melakukan check in terlebih dahulu. Pihak maskapai akan mencatat setiap penumpang yang naik pesawat dan masuk dalam data manifes penerbangan. Cari loket check in yang sesuai dengan maskapai penerbangan di tiket kamu.

Saat check in, kamu akan diminta menunjukkan tiket dan kartu identitas seperti KTP atau paspor jika kamu ingin melakukan penerbangan ke luar negeri. Setelah check-in, kamu akan mendapatkan boarding pass sebagai tanda bahwa data kamu sudah benar dan kamu sudah mendapatkan tempat duduk di dalam pesawat.

3. Perhatikan Waktu Boarding

Tips Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula (via Tangerang Online)

Setelah mendapatkan boarding pass, kamu bisa cek kembali di ruang dan gate mana kamu harus menunggu pesawat sebelum keberangkatan. Perhatikan jam boarding, lalu tunggu di ruang yang telah ditentukan. Selain itu, perhatikan setiap informasi terbaru yang muncul dan disiarkan melalui pengeras suara di bandara agar kamu tetap update dengan status penerbanganmu.

4. Duduk Manis di Pesawat

Tips Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula (via Detik Travel)

Setelah kamu mendengar panggilan penumpang pesawat, segera siap-siap mengantre untuk memasuki pesawat. Cari nomor kursi sesuai yang tertera pada boarding pass kamu. Letakkan barang bawaan kamu di tempat yang sudah disediakan di atas tempat duduk dengan rapi. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman dan matikan ponsel agar tidak mengganggu penerbangan.

Nah, itu tadi beberapa tips naik pesawat terbang bagi pemula yang wajib dicoba. Jadi buang grogi dan rasa panik agar semuanya aman terkendali. Ditambah lagi, ada pramugari dan petugas yang pastinya akan dengan senang hati membantumu.

Tips Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula (via Okezone Travel)