7 Tips Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga, Sederhana dan Dijamin Manjur!

7 Tips Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga, Sederhana dan Dijamin Manjur!

Jika tujuanmu olahraga adalah membentuk otot dan menambah kekuatan, rasa sakit di badan memang tidak bisa dihindari. Namun gak perlu khawatir, karena hal itu bisa kamu atasi.

Yang perlu kamu tahu, nyeri otot yang timbul setelah olahraga adalah proses alami yang menunjukkan ototmu semakin kuat. Jadi itu bukan hal yang bahaya. Meski menimbulkan ketidaknyamanan, untungnya ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meringankan rasa sakitnya.

Berikut tujuh tips untuk meredakan nyeri otot:

1. Bergeraklah. Percaya atau tidak, salah satu cara terbaik untuk mengurangi nyeri otot adalah dengan membuatnya bergerak. Kamu dapat melakukannya melalui kardio ringan atau pemulihan aktif, yang meliputi peregangan, atau yoga.

2. Pastikan untuk melakukan pemanasan. Bagian penting dalam melindungi otot Anda adalah memastikan otot dalam kondisi prima untuk digunakan sebelum Anda menantangnya. Luangkan waktu beberapa menit untuk pemanasan sebelum setiap latihan.

Penyebab badan sakit setelah olahraga (blog.ggl.life)

3. Olahraga dengan ritme progres yang lambat. Olahraga dengan ambisius dalam waktu singkat tidak memberikan manfaat apa pun bagi ototmu. Memberi mereka waktu untuk beradaptasi dapat membantu membatasi keparahan rasa sakitmu. Saat memulai rutinitas latihan baru atau saat meningkatkan intensitas, pastikan melakukannya secara perlahan selama beberapa hari atau minggu.

4. Berendam dalam air garam. Berendam dalam air hangat yang diberi garam Epsom dapat membantu mengendurkan otot dan menghilangkan rasa sakit.

Pemanasan sebelum olahraga perlu dilakukan untuk menghindari cedera dan sakit otot (merdeka.com)

5. Minum obat pereda nyeri. Ini tidak akan mempercepat proses penyembuhan otot, namun dapat membantumu mengatasi ketidaknyamanan yang terkait dengannya.

6. Luangkan waktu untuk pemulihan. Jika kamu tidak memberikan waktu istirahat (dan perbaikan) yang cukup pada otot, otot akan bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan nyeri yang lebih hebat. Pastikan kamu menyediakan hari istirahat di mana kamu dapat fokus pada pemulihan aktif. Secara umum, jangan lupa bahwa istirahat (alias tidur) dan hidrasi juga penting untuk pemulihan. 

7. Cobalah rutinitas dua hari. Jika kamu suka berolahraga setiap hari, pertimbangkan untuk membagi latihan berdasarkan kelompok otot. Misalnya, satu hari adalah kaki dan hari berikutnya adalah lengan. Ini akan membantu memastikan bahwa kamu memberikan waktu yang cukup kepada setiap kelompok otot untuk pulih sebelum kamu melatihnya lagi.

Itu tadi cara meredakan nyeri otot setelah olahraga cukup intens, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Merendam kaki dengan air garam bisa mengatasi nyeri di otot kaki (astronauts.id)