Mirip Sih! Tapi Ini Lho Perbedaan Ketombe dan Psoriasis

Kamu harus tahu perbedaan ketombe dan psoriasis agar tidak salah penanganan. Yuk simak penjelasan berikut ini!

Setiap orang tentu harus menjaga kebersihan dan kesehatan rambut agar terhindar dari masalah, salah satunya ketombe. Tapi tahu nggak sih kalau enggak semua serbuk putih pada rambut semua adalah ketombe.

Karena itu kamu harus tahu perbedaan ketombe dan psoriasis agar tidak salah penanganan. Meski keduanya nampak putih, namun sebenarnya ketombe dan psoriasis sangatlah berbeda lho. Lantas apa saja perbedaan keduaanya? Mengutip laman Halodoc, berikut ini daftarnya.

Apa itu Ketombe dan Psoriasis?

Sebelum mengetahui perbedaan ketombe dan psoriasis, mari kenali dulu pengertian keduanya. Ketombe merupakan masalah kulit umum yang sering terjadi di area yang memiliki kelenjar minyak berlebih dan pertumbuhan ragi.

Sedangkan psoriasis adalah penyakit autoimun yang terjadi karena ada peradangan pada kulit. Peradangan kemudian menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal, serta mudah terkelupas.

Dilihat dari Gejala

Perbedaan Ketombe dan Psoriasis (via Alodokter)

Sekilas ketombe dan psoriasis memang tampak mirip, karena sama-sama menghasilkan serpihan putih di dalam rambut. Namun dari segi gejala, keduanya amat berbeda. Ketombe merupakan kondisi yang tidak menular atau berbahaya.

Umumnya ketombe disebabkan oleh penyakit lain yang mendasarinya, seperti dermatitis seboroik, eksim, dan infeksi jamur. Dan hal tersebut bisa diatasi dengan sampo. Sedangkan psoriasis umumnya menyebabkan rasa gatal yang sangat parah dan kulit kepala menjadi kering hingga pecah dan berdarah.

Gangguan ini dapat menyebardari kulit kepala hingga ke wajah. Jika kamu mengalami psoriasis dan mengalami pendarahan pada kulit kepala, sebaiknya segara pergi ke dokter untuk mendapat perawatan medis.

Dilihat dari Penyebabnya

Perbedaan Ketombe dan Psoriasis (via YesDok)

Perbedaan Kedua dari ketombe dan psoriasis juga dapat dilihat dari penyebabnya. Banyak orang yang percaya bahwa ketombe muncul karena seseorang tidak benar-benar menjaga kebersihan rambutnya.

Sedangkan psoriasis muncul karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang memerintahkan sel-sel kulit untuk tumbuh dengan cepat. Sehingga sel-sel kulit pada kepala membentuk plak tebal.

Dan peradangan yang terjadi adalah akibat dari perkembangan gejala terhadap respons tubuh dari pemicunya, seperti stres, suhu ekstrim, dan penyakit menular. Umumnya, psoriasis membutuhkan penanganan yang lebih intens karena lebih banyak pemicu yang kadang tidak diantisipasi.

Nah, itu tadi perbedaan ketombe dan psoriasis yang wajib kamu tahu agar tidak salah penanganan. Walaupun terlihat mirip, namun keduanya memberikan dampak yang berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Jangan sampai salah lagi ya agar pengobatannya lebih efektif.

Perbedaan Ketombe dan Psoriasis (via Female Daily Editorial)