Keramas Tanpa Sampo Ternyata Bagus Banget untuk Rambut dan Kulit Kepalamu! Ini Alasannya

Keramas Tanpa Sampo Ternyata Bagus Banget untuk Rambut dan Kulit Kepalamu! Ini Alasannya

Belakangan, banyak orang sedang menjalani gaya cuci rambut tanpa sampo. Apa alasannya?

Beberapa orang ingin menghindari pengelupasan minyak baik dan alami yang diproduksi oleh kulit kepala secara berlebihan. Yang lain ingin menggunakan lebih sedikit bahan kimia yang tidak alami dalam rutinitas sehari-hari mereka. Dan bagi sebagian orang, tidak menggunakan sampo untuk keramas berarti menolak tekanan komersial untuk menghabiskan lebih banyak uang untuk kebersihan daripada yang sebenarnya diperlukan.

Meski begitu, berhenti menggunakan sampo bukan berarti kamu harus berhenti mandi atau mencuci rambut.

Sampo mengandung bahan kimia yang bisa menghilangkan minyak alami kulit kepala (grid.id)

# Benarkah Keramas Hanya dengan Air Bagus untuk Rambut dan Kulit Kepala?

Menurut Mamelak, seorang dermatologist di Austin AS, kulit kepala menghasilkan minyak alami bernama sebum yang melumasi rambut. 

"Sampo dapat menghilangkan minyak alami ini, membuat rambut kering, kusam, dan rapuh, dan meskipun kondisioner dibuat untuk menghidrasi dan menambah kelembapan pada rambut pasca keramas, kondisioner bisa tidak terlalu bermanfaat dibandingkan dengan sebum." 

Itulah kenapa, mencuci rambut hanya dengan air adalah baik.

Saat kita menggunakan sampo pada rambut dan membuatnya bersih, kita menghilangkan minyak alami rambut. Idenya adalah kulit kepala kita kemudian mengalami siklus produksi sebum berlebih secara terus menerus, yang dapat membuat rambut terasa (dan terlihat) berminyak. 

Air efektif membersihkan kotoran, debu, dan kotoran lain yang larut dalam air dari rambut dan kulit kepala tanpa menghilangkan sebum pada rambut. Namun, Mamelak mencatat bahwa jika ada minyak lain di rambut (misalnya dari produk perawatan rambut atau penataan rambut), sebagian besar minyak tersebut juga akan tertinggal. Kedua ahli tersebut merekomendasikan penggunaan air hangat—bukan air panas—untuk pendekatan ini, dan kemudian dilanjutkan dengan bilas dingin.

Keramas hanya dengan air bisa menjaga minyak alami di kulit rambut (healthline.com)

Jika kamu ingin membersihkan rambut secara maksimal tanpa sampo, kamu bisa juga kok menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, sari lemon, dan sebagainya.

Selamat keramas tanpa sampo ges!

Salah satu wanita yang mempraktikkan keramas tanpa sampo (tribunnews.com)