Gak Cuma Bisa Jadi Deodoran, Berikut Manfaat Batu Tawas untuk Kulit

Gak Cuma Bisa Jadi Deodoran, Berikut Manfaat Batu Tawas untuk Kulit

Tawas adalah sejenis garam mineral yang memiliki senyawa aluminium. 

Astringent menyebabkan jaringan berkontraksi, sehingga menyusut atau mengencang. Orang terkadang menggunakan astringent untuk mengecilkan tampilan pori-pori pada kulit.

Tawas memiliki berbagai kegunaan topikal, termasuk sebagai deodoran antiperspirant.

# Kegunaan Tawas untuk Kulit

Di bawah ini adalah beberapa kegunaan tawas untuk kulit:

1. Obat Setelah Cukur

Blok tawas merupakan produk cukur yang populer karena mencegah pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko ruam atau infeksi akibat mencukur.

2. Deodoran antiperspiran

Tawas bubuk (pengolahanlimbah.com)

Tawas adalah bahan antiperspiran yang populer karena kemampuannya mengurangi keringat. Untuk fungsi ini, tawas tersedia dalam deodoran standar dan dalam bentuk blok yang harus dibasahi dan kemudian digosok langsung di bawah lengan. Beberapa perusahaan menyebut produk ini sebagai “deodoran kristal”.

Deodoran ini dapat bekerja dengan cara mengecilkan saluran keringat dan mengurangi bakteri penyebab bau badan.

3. Jerawat

Karena bersifat astringen dan menghambat bakteri, beberapa orang menggunakan tawas untuk mengurangi kulit berminyak dan jerawat. 

Namun, meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan apakah pengobatan ini efektif untuk salah satu penyakit tersebut, laporan berdasarkan pengalaman menyatakan bahwa pengobatan ini dapat membantu.

Tawas blok (beauty.indozone.id)

Tawas juga mungkin muncul dalam daftar bahan produk pemutih kulit, namun tidak ada bukti bahwa tawas dapat mencerahkan kulit.

4. Menghaluskan kulit

Selain bisa mengecilkan pori-pori, tawas juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Tawas bisa difungsikan sebagai eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

5. Mencerahkan kulit ketiak

Kulit ketiak hitam memang bikin kepercayaan diri menurun. Tapi kamu gak perlu khawatir, karena dengan menggunakan tawas secara rutin, kulit ketiakmu akan sedikit demi sedikit berubah cerah.

Itu tadi 5 manfaat batu tawas untuk kulit. Perlu diingat, jika kamu mengalami iritasi setelah penggunaan pertama, bisa jadi kamu tidak cocok dengan kandungan di dalamnya. Jadi, jangan dilanjut ya!

Tawas spray (lemon8-app.com)