5 Buah Lokal yang Kaya Vitamin C, Enak dan Mudah Didapat

Ada banyak buah lokal yang kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan, dan membantu proses penyembuhan.

Indonesia memiliki beragam jenis tumbuhan dan buah-buahan, termasuk di dalamnya terdapat buah lokal yang kaya akan vitamin C. Sebagai informasi, vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan, dan membantu proses penyembuhan.

Beruntungnya, kamu bisa mendapatkan beragam manfaat vitamin C ini dengan mudah, karena buah lokal bisa dengan mudah didapat. Berikut adalah beberapa buah lokal kaya vitamin C yang bisa kamu konsumsi sehari-hari:

1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah lokal yang kaya vitamin C yang paling dikenal dan populer di Indonesia. Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan memiliki berbagai varietas, seperti jeruk manis, jeruk keprok, dan jeruk bali.

2. Mangga

Buah Lokal yang Kaya Vitamin C (via Tirto)

Mangga adalah buah tropis yang melimpah di Indonesia. Buah ini tak hanya lezat, tetapi juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Mangga dapat dimakan segar atau diolah menjadi jus dan salad buah.

3. Belimbing

Buah Lokal yang Kaya Vitamin C (via SKOR)

Belimbing adalah buah yang unik dengan bentuk bintang dan biasanya berwarna hijau kekuningan. Buah ini kaya akan vitamin C dan bisa kamu jumpai dalam olahan makanan, misalnya saja rujak buah.

4. Jambu Air

Buah Lokal yang Kaya Vitamin C (via JawaPos)

Jambu air adalah buah yang segar dan menyegarkan yang juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain memakannya secara langsung, kamu bisa menikmatinya dalam bentuk segar atau dijadikan jus.

5. Nanas

Buah Lokal yang Kaya Vitamin C (via Wikipedia)

Nanas adalah buah tropis yang kaya akan rasa manis dan asam. Selain nikmat dimakan segar, nanas juga bisa diolah menjadi jus atau digunakan dalam berbagai hidangan seperti asam manis. Meski demikian, ibu hamil harus hati-hati saat mengonsumsinya karena buah ini memiliki sifat asam yang keras.

Dengan beragam buah lokal yang kaya vitamin C seperti ini, kamu dapat mengisi dietmu dengan nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan tubuhmu. Selain enak, buah-buahan ini juga merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia yang perlu dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

Buah Lokal yang Kaya Vitamin C (via KlikDokter)