Kata Siapa Mandi Malam Bikin Rematik? Cek Faktanya di Sini!

Kata Siapa Mandi Malam Bikin Rematik? Cek Faktanya di Sini!

Masih banyak orang yang salah kaprah soal mandi malam. Dulu, banyak orangtua tidak mengizinkan anaknya mandi malam karena bisa bikin rematik. Padahal itu hanya mitos.

Bagi banyak orang modern, mandi malam justru terasa seperti ritual menutup hari yang sempurna. Siapa sangka, selain bisa membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel seharian. Kebiasaan malam ini dapat memengaruhi suhu tubuh dan kualitas tidur.

Suhu tubuh berperan penting dalam siklus tidur, bangun, dan tubuh manusia secara alami sebelum tidur malam. Para ilmuwan telah menemukan bahwa mandi dapat mempengaruhi tidur karena ia bisa mempengaruhi proses pengaturan suhu alami. 

Mitos fakta (infografis.sindonews.com)

# Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Jika dilakukan sebagai rutinitas sebelum tidur, mandi malam dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya tidur. Mandi di malam hari juga memastikan tubuhmu lebih bersih saat hendak tidur, mengurangi penumpukan keringat, kotoran, dan minyak tubuh di kasurmu.

Selain itu, penelitian menunjukkan mandi sebelum tidur mungkin memberikan manfaat lain. Manfaatnya berbeda-beda, tergantung apakah kamu mandi air panas atau dingin.

1. Mandi Air Hangat

Para ilmuwan berhipotesis bahwa mandi dengan air hangat membantu proses pengaturan suhu alami, sehingga meningkatkan kualitas tidur. 

Sebuah meta-analisis dari 17 penelitian menemukan bahwa mandi malam atau berendam dalam air antara 40an derajat celcius dapat meningkatkan kualitas tidur. Mereka yang mandi atau mandi satu hingga dua jam sebelum tidur juga lebih cepat tertidur. 

Para peneliti berteori bahwa air hangat merangsang aliran darah ke tangan dan kaki, yang memungkinkan panas tubuh keluar lebih cepat. 

Mandi air hangat di malam hari bisa bikin tidur lebih nyenyak (jurnalindo.com)

2. Mandi Air Hangat

Sebuah penelitian menemukan bahwa atlet yang membenamkan dirinya dalam air dingin selama sepuluh menit setelah olahraga malam mengalami penurunan suhu inti tubuh, lebih sedikit gairah malam hari, dan proporsi tidur nyenyak yang lebih besar dalam tiga jam pertama tidur.

Tidak semua penelitian mandi air dingin menjanjikan. Studi lain menemukan bahwa direndam dalam air dingin setelah olahraga malam meningkatkan suhu inti tubuh pada awalnya, kemudian menurunkan suhu inti tubuh empat hingga lima jam kemudian. Namun penurunan suhu tubuh ini tampaknya tidak mempengaruhi kualitas tidur. Peserta penelitian juga mengalami peningkatan detak jantung. Sebuah penelitian serupa terhadap pemain sepak bola remaja menemukan bahwa berendam di air dingin setelah sesi latihan malam tidak memengaruhi tidur.

Jadi gimana ges, mau mandi dulu sebelum tidur? Kalau iya, mending pakai air anget aja sih ya...

Tidur malam setelah mandi bisa membuat kasur bersih dari kotoran dan minyak tubuh (riliv.co)