Ini Bahaya Tidur Kurang dari 6 Jam Per Hari untuk Otakmu

Ini Bahaya Tidur Kurang dari 6 Jam Per Hari untuk Otakmu

Menurut pakar tidur, Rebecca Robins—instruktur kedokteran di Harvard Medical School—tidur satu jam kurang dari yang direkomendasikan dapat berdampak negatif pada kesejahteraanmu secara keseluruhan.

Bagi orang dewasa berusia 18-60 tahun, batas minimal jam tidur ideal adalah 7 jam. Meski begitu, kamu masih akan baik-baik saja jika tidur 6 jam. Dan akan merasakan efek yang cukup berbahaya jika tidur kurang dari itu.

# Kurang Satu Jam Sudah Cukup untuk Merusak otakmu

Associate scientist di Division of Sleep and Circadian Disorders di Brigham and Women's Hospital menjelaskan bahwa otak melepaskan racun berbahaya saat kurang tidur. 

Satu jam cukup untuk membuat jam internal kita tidak sinkron. Ketika kita mengubah jadwal tidur kita satu jam atau lebih, kita mengirimkan sinyal ke otak bahwa kita sedang mencoba untuk bertransisi ke zona waktu baru, sehingga membuat tidur malam berikutnya menjadi sulit.

Dampak kurang tidur pada kesehatan (sardjito.co.id)

Ketika otak kurang istirahat dan digunakan secara maksimal, otak mulai melepaskan racun sepanjang hari yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Sepanjang hari, otak memproduksi racun, yang akumulasinya berhubungan dengan penurunan neurokognitif seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Selain itu, ada satu penelitian yang sangat menarik yang mengamati rhinovirus, patogen saudara dari SARS-Cov-2. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terkena pilek dan flu.

Jam tidur bisa mempengaruhi kesehatan otak dan mental (cnnindonesia.com)

# Trik Agar Lebih Mudah Tidur

Jika tidur terasa merepotkan bagimu, pakar kesehatan menyarankan untuk menetapkan waktu tertentu yang tetap sama untuk memprogram tubuh seseorang ke dalam ritual tidur.

Trik lain yang dia yakini adalah menghindari memegang ponsel untuk scrolling tanpa henti sebelum tertidur. Sebaliknya, berlatih meditasi untuk menenangkan pikiran akan menjadi alternatif yang lebih baik untuk dipertimbangkan.

Hindari main HP sebelum tidur (kompas.com)