Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Kamu Berhenti Konsumsi Gula

Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Kamu Berhenti Konsumsi Gula

Baik itu coklat bar yang kamu makan di sore hari atau es krim yang kamu makan setelah makan malam, terkadang cukup sulit untuk mengurangi jumlah gula rafinasi tiap harinya. Namun dengan (terkadang banyak) kemauan, kita bisa melepaskannya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu berhenti mengonsumsi gula, tubuhmu mengalami konsekuensi serupa dengan yang diamati pada orang yang mengalami penarikan diri dari zat yang lebih membuat ketagihan. 

Faktanya, saat kita mengonsumsi gula, reseptor opiat kita menjadi gila dan sebagai hasilnya kita merasa bahagia. Namun, mengonsumsi terlalu banyak gula dikaitkan dengan sakit kepala, kekurangan energi, risiko obesitas yang lebih tinggi, kelebihan berat badan, dan bahkan masalah hormon.

Namun gula jenis ini jangan sampai tertukar dengan gula yang secara alami terdapat pada makanan (seperti buah misalnya), karena gula ini baik untukmu. Gula rafinasi yang banyak mengandung kalori ternyata tidak memberikan manfaat nutrisi, berbeda dengan gula alami yang mengandung vitamin dan mineral.

Makanan manis (lifestyle.bisnis.com)

Minuman manis (health.kompas.com)

# Yang Terjadi Jika Kamu Berhenti Mengkonsumsi Gula

Saat kita mengonsumsi gula, otak kita melepaskan dopamin dan serotonin karena area penghargaan di otak kita terstimulasi. Ketika kamu berhenti mengonsumsi gula sepenuhnya, tubuh mulai merasakannya dan kamu mungkin merasa rewel atau mudah tersinggung, terutama dalam beberapa hari pertama. 

Kamu mungkin akan merasakan sakit kepala atau bahkan rasa lelah. Namun untungnya, setelah sekitar satu minggu, energimu akan mulai membaik, dan kamu akan merasa lebih hidup dan tidak mudah tersinggung.

Jika kamu berjerawat, kulitmu mungkin akan membaik. Karena gula rafinasi menyebabkan lonjakan insulin dalam tubuh kita yang menyebabkan timbulnya jerawat, yang mengakibatkan penuaan dini pada kulit dan menyebabkan jerawat.

# Tidur Lebih Nyenyak

Mengurangi asupan gula juga terbukti meningkatkan kualitas tidur setelah beberapa minggu. Mengonsumsi lebih sedikit gula juga dikatakan mengurangi seberapa sering kamu terbangun sepanjang malam.

Kamu mungkin juga akan kehilangan sedikit berat badan, tapi ini tidak akan terjadi dalam semalam. Seperti yang kita ketahui, ketika kita mengonsumsi terlalu banyak gula rafinasi, tubuh kita akan mengubahnya menjadi lemak. Namun kamu hanya akan merasakan penurunan berat badan karena tidak lagi mengonsumsi gula ini setelah satu atau dua minggu.

Jadi gimana ges, siap menerima tantangan ini? Demi hidup yang lebih sehat loh!

Satu-satunya sumber gula yang paling baik: buah (rspkusolo.com)