7 Cara Merawat Kulit Jika Sering Beraktivitas di Luar Ruangan

Cara merawat kulit jika sering beraktivitas di luar pastinya berbeda dengan mereka yang lebih banyak berada di dalam ruangan.

Cara merawat kulit jika sering beraktivitas di luar pastinya berbeda dengan mereka yang lebih banyak berada di dalam ruangan. Orang-orang yang lebih banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tentu harus memberi perhatian ekstra dalam perlindungan kulit dari sinar UV dan polusi.

Bukan tanpa alasan, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan risiko kanker kulit. Sedangkan polusi bisa mengakibatkan munculnya eksim, eczema atau dermatitis atopik yang tak hanya merusak kulit, namun juga menurunkan rasa percaya diri.

Untuk itu, penting bagi kamu untuk mengambil langkah-langkah perlindungan yang tepat agar kulit wajahmu tetap sehat dan terlindungi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kesehatan kulit terjaga lebih lama:

1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Paparan sinar UV dari matahari bisa merusak kulitmu secara perlahan. Menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai adalah langkah penting dalam menjaga kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari. Oleskan tabir surya minimal 15 menit sebelum keluar rumah, dan ulangi pengaplikasian setiap dua jam sekali.

2. Gunakan Pakaian Pelindung

Cara Merawat Kulit (via Grid)

Selain tabir surya, pakaian pelindung seperti topi, kacamata hitam, masker, syal dan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat dapat membantu memberi perlindungan kulit dari sinar UV dan polusi. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena bisa merusak lapisan perlindungan kulit.

3. Pastikan Tubuh Cukup Terhidrasi

Cara Merawat Kulit (via Deposit Photos)

Aktivitas di luar ruangan bisa membuat tubuhmu lebih mudah kehilangan cairan. Pastikan kamu minum cukup air setiap hari agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Memastikan tubuh cukup cairan merupakan salah satu cara perlindungan dari paparan yang bisa merusak kulit.

4. Membersihkan dan Melembapkan

Cara Merawat Kulit (via Bisnis Style)

Setelah beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa membersihkan kulit dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setelah itu, aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulitmu.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Cara Merawat Kulit (via Buka Review)

Asupan makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya antioksidan, dapat membantu kulitmu tetap sehat dari dalam dan melawan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari dan polusi udara.

6. Tidur Cukup

Cara Merawat Kulit (via Atome)

Tidur yang cukup memberikan waktu bagi kulitmu untuk memperbaiki diri setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Kurang tidur dapat membuat kulit terlihat kusam dan kurang bercahaya.

7. Rutin Memeriksa Kulit

Cara Merawat Kulit (via Halodoc)

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kulitmu untuk mendeteksi tanda-tanda perubahan atau kelainan. Ini penting untuk mengidentifikasi dini adanya masalah kulit karena seringnya terpapar sinar UV dan polusi saat beraktivitas di luar ruangan.

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, kamu bisa tetap memberikan perlindungan kulit dari sinar UV dan polusi meskipun sering beraktivitas di luar ruangan. Ingatlah bahwa perawatan kulit adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan penampilanmu.

Cara Merawat Kulit (via Alodokter)