6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kemerahan di Wajah

Bagaimana cara menghilangkan kemerahan di wajah dengan cepat dan tanpa sakit? Tidak perlu bingung, yuk simak penjelasan berikut ini!

Bagaimana cara menghilangkan kemerahan di wajah dengan cepat dan tanpa sakit? Faktanya, hampir semua orang Kamu pasti pernah mengalami kondisi ini, sehingga membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari skincare tidak cocok, pengaruh cuaca, hingga alergi.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu untuk meredakan kemerahan di wajah tanpa harus khawatir tentang efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh bahan kimia. Inilah beberapa pilihan bahan alami yang dapat kamu coba:

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan pendinginan alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan di wajahmu. Kamu bisa mengambil gel lidah buaya langsung dari daunnya dan mengoleskannya secara lembut ke daerah yang merah. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

2. Madu

Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah (via Alodokter)

Madu adalah zat alami yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker wajah dengan mencampurkan madu murni dengan sedikit air. Oleskan campuran ini ke wajahmu dan diamkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya.

3. Pepaya

Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah (via Honest Docs)

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Kamu dapat menghaluskan daging pepaya matang dan mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Biarkan masker selama 15-20 menit lalu bilas.

4. Teh Hijau

Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah (via Halodoc)

Teh hijau kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Kamu bisa merendam kantong teh hijau dalam air panas, lalu dinginkan di lemari es. Tempelkan kantong teh hijau yang sudah dingin ke area yang kemerahan selama beberapa menit.

5. Timun

Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah (via VOI)

Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan sifat pendinginan. Iris tipis timun dan letakkan irisan-irisan tersebut di area yang merah selama sekitar 10-15 menit. Lakukan secara teratur hingga kondisi kulit membaik.

6. Oatmeal

Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah (via Berkeluarga)

Oatmeal dapat membantu meredakan iritasi dan peradangan pada kulit. Haluskan oatmeal dan campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke wajah sebagai masker selama 15-20 menit sebelum membilasnya.

Kamu dapat memilih salah satu atau beberapa bahan alami di atas sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Namun, penting untuk melakukan uji sensitivitas terlebih dahulu pada bagian kecil kulit sebelum mengaplikasikan bahan secara keseluruhan untuk menghilangkan kemerahan pada wajah. Jika kemerahan di wajahmu tidak kunjung mereda atau bahkan semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah (via Tokopedia)