6 Step Menggunakan Masker Wajah yang Benar, Biar Hasilnya Maksimal!

Mengikuti step menggunakan masker wajah yang benar merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Mengikuti step menggunakan masker wajah yang benar merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Kamu pasti ingin mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan kulit ini, bukan? Nah, dalam artikel ini telah terangkum langkah-langkah yang tepat dalam menggunakan masker wajah untuk perawatan kulit yang efektif. Yuk, simak panduan lengkapnya di bawah ini!

1. Bersihkan Wajah

Sebelum mulai menggunakan masker wajah, pastikan kulitmu dalam keadaan bersih. Cuci wajah dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup. Hal ini akan membantu masker wajah meresap lebih baik dan memberikan hasil yang lebih efektif.

2. Pilih Jenis Masker yang Sesuai

Step Menggunakan Masker Wajah yang Benar (via Alodokter)

Ada berbagai jenis masker wajah di pasaran, termasuk masker krim, masker gel, masker lumpur, dan masker sheet. Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan jenis kulitmu dan masalah kulit yang ingin kamu atasi, seperti hidrasi, pencerahan, atau pengendalian minyak.

3. Lakukan Eksfoliasi

Step Menggunakan Masker Wajah yang Benar (via Cantika)

 

Langkah ini opsional hanya jika kulitmu membutuhkan eksfoliasi. Sebelum menggunakan masker, gunakan produk eksfoliasi ringan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memungkinkan masker bekerja lebih baik.

4. Aplikasikan Masker dengan Merata

Step Menggunakan Masker Wajah yang Benar (via Merdeka)

Gunakan spatula atau tangan bersih untuk mengaplikasikan masker secara merata ke seluruh wajah, menghindari area mata dan bibir. Pastikan lapisan masker tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

Setelah masker wajah diaplikasikan, luangkan waktu untuk bersantai. Kamu bisa mendengarkan musik, membaca buku, atau melakukan aktivitas santai lainnya selama masker bekerja. Beri waktu kulitmu waktu untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam masker.

Selain itu, perhatikan petunjuk pada kemasan masker untuk mengetahui berapa lama kamu perlu membiarkan masker bekerja. Biasanya, perlu 10 - 15 menit agar kandungan dalam masker terserap sempurna. Jangan biarkan masker mengering sepenuhnya, karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

5. Bilas dengan Air Hangat dan Gunakan Pelembab

Step Menggunakan Masker Wajah yang Benar (via BP Guide)

Setelah waktu yang ditentukan, bilas wajah dengan air hangat secara perlahan. Bersihkan wajah dan pastikan tidak ada residu masker yang tertinggal di kulitmu. Setelah mengeringkan wajah, jangan lupa menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulitmu.

6. Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Step Menggunakan Masker Wajah yang Benar (via Biutiva)

Gunakan masker wajah sesuai dengan panduan pada kemasan atau sesuai rekomendasi ahli perawatan kulit. Terlalu sering menggunakan masker juga tidak disarankan karena bisa mengiritasi kulit.

Selain itu, setiap kulit memiliki sensitivitas yang berbeda. Jika kamu merasakan kemerahan, gatal, atau iritasi setelah menggunakan masker wajah, segera hentikan penggunaan atau hubungan dokter.

Itulah step menggunakan masker wajah yang benar. Perawatan kulit yang tepat akan memberikan kulit yang sehat, berseri, dan terjaga kecantikannya. Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit agar hasil yang diinginkan dapat tercapai.

Step Menggunakan Masker Wajah yang Benar (via Beauty Journal Sociolla)