Bagaimana Cara Kerja Algoritma TikTok? Yuk, Pelajari!

Bagaimana Cara Kerja Algoritma TikTok? Yuk, Pelajari!

Algoritme TikTok adalah sistem yang memutuskan video mana yang akan ditampilkan kepada pengguna di halaman For You tergantung pada preferensi masing-masing. 

Dengan kata lain, sistemlah yang menentukan video mana yang ingin kamu tonton. Akibatnya, halaman For You sangat dipersonalisasi untuk setiap pengguna individu, dan tidak ada dua pengguna yang akan melihat halaman yang sama persis. Ini menjadi sangat spesifik dengan mempersempit rekomendasi untuk minat khusus, yang berarti penggemar makanan akan melihat video terkait kuliner dan bukan konten olahraga.

# Faktor yang Mempengaruhi Algoritma TikTok

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bagaimana algoritma Tiktok bekerja, antara lain:

1. Interaksi Pengguna

Algoritma TikTok sangat mirip dengan algoritma Instagram karena sangat menekankan bagaimana pengguna berinteraksi di platform. Dengan kata lain, ia melihat bagaimana kamu berperilaku di platform untuk memahami apa yang mungkin kamu sukai. Ini mempertimbangkan sinyal data utama seperti: 

- Video yang kamu suka 

- Video yang kamu bagikan 

- Akun yang kamu ikuti 

- Konten yang kamu buat 

- Komentar yang kamu posting 

- Video yang kamu tambahkan ke favorit 

- Kreator yang kamu sembunyikan 

- Video yang kamu tandai sebagai "tidak tertarik" 

Untuk lebih mempersempit minat, TikTok juga mempertimbangkan seberapa banyak video yang kamu tonton. Menonton video secara keseluruhan adalah tanda kuat bahwa pengguna tertarik dengan konten tersebut, yang berarti konten tersebut lebih berbobot dalam algoritma TikTok. 

Konten dance TikTok (receh.in)

2. Informasi Video 

Selain aktivitasmu, TikTok juga mempertimbangkan informasi di video untuk mengidentifikasi materi pelajaran dan kemudian menilai mana yang kamu minati. TikTok sering kali melihat detail seperti: 

- Teks untuk mengidentifikasi kata kunci apa pun yang dapat menginformasikan algoritma tentang konten tersebut 

- Tagar untuk mengkategorikan konten dan/atau memberi tahu algoritma tentang video tersebut 

- Audio seperti suara dan lagu untuk mengidentifikasi konten audio yang sedang tren dan menayangkannya ke audiens yang lebih luas.

Cara Kerja Algoritma TikTok (socialmediamarketer.id)

3. Pengaturan Perangkat dan Akun 

TikTok juga mempertimbangkan pengaturan perangkat dan akunmu, meskipun tidak pada level yang sama dengan aktivitas pengguna dan informasi video. TikTok menggunakan faktor-faktor ini lebih sebagai cara untuk mengoptimalkan kinerja dan bukan sebagai sinyal rekomendasi konten karena pengguna tidak secara eksplisit menyatakannya sebagai preferensi. 

Beberapa pengaturan perangkat dan akun yang dianggap TikTok adalah; 

- Tipe perangkat 

- Pengaturan negara 

- Pilihan Bahasa

- Kategori minat yang kamu pilih sebagai pengguna baru

Jam terbaik untuk posting konten di TikTok(gragehotels.co.id)

# Yang Tidak Termasuk dalam Algoritma TikTok

Berikut ini beberapa jenis konten yang TIDAK akan direkomendasikan oleh algoritma:

1. Konten duplikat

2. Konten yang sudah kamu lihat

3. Konten yang ditandai oleh algoritma sebagai spam (termasuk video yang “berusaha meningkatkan lalu lintas secara artifisial”)

4. Konten yang berpotensi mengecewakan (TikTok memberikan contoh “prosedur medis yang gamblang” atau “konsumsi legal atas barang-barang yang diatur”).

Itu tadi penjelasan mengenai cara kerja algoritma TikTok. Semoga bisa membantu agar kontenmu FYP dan viral ya. Sukses selalu!