Banda Aceh Bakal Jadi Kota Ketiga di Indonesia yang Punya MRT Nih~

Sejauh ini, MRT segera beroperasi di Jakarta dan Palembang. Tahun depan, Banda Aceh akan jadi kota ketiga yang punya sistem transportasi ini.

Pemerintah Daerah (Pemda) Banda Aceh akan segera membangun sistem transportasi massal. Nggak mau ketinggalan dengan dua kota pendahulunya Jakarta dan Palembang, Banda Aceh akan memiliki Mass Rapid Transit (MRT).

Pembangunan MRT di ibu kota provinsi di ujung barat Indonesia itu rencananya akan dilaksanakan mulai awal tahun depan.

"Awal tahun depan kami akan memulai membangun sistem transportasi massal dengan menggunakan kereta rel listrik atau jalan Mass Rapid Transit (MRT) di Kota Banda Aceh," kata Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, seperti dikutip dari Antara via Liputan6.com.

Sistem transportasi massal yang mampu mengangkut 300-an orang itu dalam sekali jalan itu diklaim efektif untuk menekan kemacetan. Gak cuman itu gengs, sistem transportasi ini setidaknya bisa meminimalisir tingkat kecelakaan pengendara kendaraan roda dua maupun empat.

Kota Banda Aceh (pergimulu.com)

"Sudah saatnya kami membangun transportasi MRT di Kota Banda Aceh seperti yang dilakukan oleh Jakarta dan Singapura. Transportasi tersebut mampu mengangkut penumpang skala besar hingga 300 penumpang sekali jalan," lanjutnya.

Nova mengakui bahwa rencana pembangunan MRT di Kota Banda Aceh itu adalah sebuah obsesi. Ini adalah obsesi dari DKI Jakarta, Malaysia, dan Singapura.

Suasana Kota Banda Aceh di malam hari (steemit.com)

Terkait pembiayaan, saat ini, Dinas Perhubungan Aceh tengah menganalisis skema kerja sama dengan pemerintah maupun lembaga swasa untuk memulai pembangunannya.

Nova memperkirakan pembangunan sistem transportasi massal tersebut akan menggelontorkan dana sekitar Rp6 triliun. Sumber dananya bisa dari APBN, APB Aceh (APBA), maupun APBK/APBD.

Ini LRT di Palembang (Twitter @DPR_RI)

"Pembangunan MRT itu butuh dana hingga Rp6 triliun. Dananya bisa dari APBN, APBA, APBK, dan bahkan bisa juga dari swasta," katanya.

Soal tahapan pembangunannya, Nova yang pernah menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 itu menjelaskan mungkin akan berlangsung hingga 2022 mendatang. Ia pun meyakini bahwa sistem transportasi MRT itu akan berhasil menekan korban kecelakaan lalu lintas. 

Berarti, nantinya, ada pemandangan begini juga di Banda Aceh (theworldnews.net)

Menurutnya, sudah saatnya kita membangun infrastruktur yang lebih efektif agar anak cucu kita tidak lagi mengalami kecelakaan sepeda motor ketika ke sekolah atau kuliah," kata Nova. 

Kalo gitu, berarti Banda Aceh bakal jadi kota ketiga nih di Indonesia yang akan punya sistem transportasi MRT. Tapi kalian tau gak kalo MRT udah di-bahasa-Indonesia-kan juga nih sekarang menjadi Moda Raya Terpadu. Biar lebih 'Indonesia' lagi rasanya, dan bangga pula.

Ya, kita tunggu aja deh gengs. Semoga kabar baik ini bisa segera terwujud ya. Amin.

LRT di Palembang gengs~ (Twitter @LPMGSUNSRI)