3 Rekomendasi Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Agar Nyaman hingga Pagi Hari

Semakin besar usia kehamilan, kendala yang sering ditemui ibu hamil adalah bagaimana tidur dengan nyaman. Yuk simak tips berikut ini!

Semakin besar usia kehamilan, kendala yang sering ditemui ibu hamil adalah bagaimana tidur dengan nyaman. Posisi tidur yang biasanya disukai sebelum hamil, kini menjadi tidak nyaman selama kehamilan.

Padahal, kualitas tidur yang baik sangatlah penting bagi ibu hamil untuk menjaga tubuh tetap bugar. Agar kualitas tidur ibu hamil terjaga, bagaimana sebaiknya posisi tidur yang nyaman? Berikut rekomendasi posisi tidur untuk ibu hamil yang bisa dicoba:

1. Posisi Telentang

Tidur telentang dibolehkan selama kehamilan masih berada di trimester pertama. Kenapa sebaiknya menghindari tidur telentang pada trimester kedua dan ketiga? Karena posisi telentang membuat ibu hamil menyandarkan seluruh berat rahim dan bayi ke punggung.

Dengan posisi begini, usus dan vena cava utama yang membawa darah kembali ke jantung dari tubuh bagian bawah. Tekanan ini dapat memperburuk sakit punggung dan wasir pada ibu hamil

2. Posisi Miring

Posisi Tidur Ibu Hamil (via Alodokter)

Posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil adalah miring ke kiri. Posisi ini disarankan karena dapat meningkatkan aliran darah ke plasenta, sehingga janin akan memperoleh aliran darah dengan optimal. Selain itu, posisi ini dapat mencegah rahim menekan organ hati yang terletak di bagian kanan perut.

3. Tidur dengan Bantuan Bantal

Posisi Tidur Ibu Hamil (via Alodokter)

Jika merasa tidak nyaman saat tidur, cobalah gunakan banyak bantal. Caranya dengan silangkan satu kaki di atas kaki lainnya lalu letakkan satu bantal di antaranya. Gunakan bantal yang lain untuk menyangga punggung.

Cara lainnya adalah dengan meletakkan bantal di bawah perut dan di antara lutut untuk menjaga posisi tetap miring saat tidur. Jika ibu hamil mengalami keluhan sesak napas, maka posisikan bantal di sisi tubuh bagian bawah agar dada sedikit terangkat dan mengurangi keluhan sesak napas.

Lalu untuk mencegah asam lambung naik, tumpuk beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini dapat kamu terapkan untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Itulah beberapa posisi tidur untuk ibu hamil yang bisa dicoba. Jika ibu hamil masih terus mengalami kesulitan tidur, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter. Yuk mulai jaga kualitas tidurmu!

 

Posisi Tidur Ibu Hamil (via Lokadata)