Catat! Ini 4 Hal Terlarang di Taiwan yang Traveler Wajib Tahu

Ada beberapa hal terlarang di Taiwan yang harus kamu pahami sebelum berkunjung. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

Tidak hanya terkenal sebagai negara yang banyak menerima Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mencari nafkah di sana, namu Taiwan ternyata juga memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Namun kamu harus hati-hati, sebab ada beberapa hal terlarang di Taiwan yang harus kamu pahami. Pelajari dulu semua hal tentang negara ini sebelum memutuskan untuk pergi ke sana, baik untuk urusan pekerjaan, liburan, atau lainnya. Lantas, apa saja sih larangan di Negara Taiwan yang akan mengundang masalah jika dilakukan? Berikut ulasannya!

1. Memakai Sandal Jepit Saat Keluar Rumah Tidak Diperbolehkan

Jika kamu terbiasa memakai sandal jepit saat keluar rumah, maka jangan sekali-kali melakukannya saat berada di Taiwan. Berbeda dengan Indonesia, kebiasaan ini tidak diperkenankan karena hanya dilakukan oleh petani saat akan bekerja. Sementara itu, warga yang tidak melakukan tugas terkait pertanian biasanya menggunakan sepatu saat keluar rumah.

2. Jangan Berdiri di Sebelah Kiri Eskalator

Hal Terlarang di Taiwan (via Suara Sumsel)

Bagi kamu sisi kanan atau kiri saat menaiki eskalator adalah hal yang sama saja. Namun di Taiwan, kamu tidak boleh berdiri di sebelah kiri eskalator. Sebab, sisi sebelah kiri hanya diperuntukan bagi orang yang terburu-buru dan akan mendahului. Jadi sebaiknya, berdiri di sisi sebelah kanan agar kamu tidak mengganggu pengguna lainnya.

Sebenarnya hal ini bukan hanya berlaku di Taiwan. Pada dasarnya, perilaku ini adalah etika tidak tertulis yang sebaiknya dilakukan oleh semua pengguna eskalator di seluruh dunia. Hanya saja penerapannya di Taiwan memang ketat banget.

3. Dilarang Mengambil Angpao yang Terjatuh

Hal Terlarang di Taiwan (via Hipwee)

Angpao tentu saja berisi uang, dan jika menemukannya di jalan bisa jadi itu rezeki nomplok. Namun, jangan sesekali melakukan hal tersebut di Taiwan. Sebab, di Taiwan terdapat tradisi membuang angpao berarti membuang sial. Jadi jangan mengambil angpao tersebut jika tidak ingin kesialan orang lain justru menghampirimu. Nah, bukannya untung malah buntung dong!

4. Dilarang Memberikan Hadian Berupa Jam

Hal Terlarang di Taiwan (via Celebrities)

Bagian sebagian orang jam adalah kado mahal dan sangat bermanfaat untuk menunjukkan waktu. Selain itu, benda ini juga menjadi akseoris yang berkelas bagi sebagian besar orang di dunia. Meski demikian, jangan pernah coba-coba memberikan hadiah berupa jam di Taiwan.

Sebab, dalam bahasa mandarin, jam ditulis 'zhong' dan memberikan jam dalam bahasa mandarin adalah 'song zhong'. Dalam bahasa mandarin, kata tersebut berarti akhir kehidupan. Serem kan artinya.

Nah, sekarang sudah paham kan apa saja hal terlarang di Taiwan yang tidak boleh dilakukan? Agar tidak mendapat masalah, catat baik-baik dan jangan sampai kamu melakukan kesalahan saat berlibur!

Hal Terlarang di Taiwan (via Okezone)