2 Lagu Pra-Rilis V BTS Dapat Hasil Kurang Baik Di Chart Musik, Mungkinkah Ini Penyebabnya?

Netizen diskusikan penyebab dua lagu pra-rilis V BTS dapat hasil kurang baik di chart musik.

V BTS siap merilis album solo pertamanya bertajuk Layover pada September 2023 mendatang. Jelang perilisannya, idol bernama asli Kim Taehyung itu merilis dua lagu pra-rilis berjudul Love Me Again dan Rainy Days dalam waktu berdekatan.

Proyek solo V BTS ini termasuk yang begitu dinantikan publik. Apalagi V BTS berkolaborasi dengan Min Hee Jin, CEO ADOR yang juga sosok di balik kesuksesan girlband NewJeans, dalam proses kreatif. V juga akan menghadirkan 5 MV untuk 5 lagunya.

Penyanyi kelahiran 1995 itu pun berusaha tampil semaksimal mungkin untuk album solonya ini. Akan tetapi, tampaknya performa lagu solo V BTS mencatatkan hasil yang kurang baik tidak sesuai dengan usaha keras yang dilakukannya.

Tercatat bahwa dua lagu pra-rilis dari V BTS hanya mencapai hasil yang sederhana di chart musik. Secara khusus, Love Me Again dan Rainy Days sama-sama naik di tangga lagu. Tapi, peringkat kedua lagu itu tak terlalu menjanjikan.

Seperti lagu Love Me Again memulai debutnya di tangga musik Korea Selatan yakni MelOn di posisi ke-36, sedangkan Rainy Days mengamankan posisi 71 di chart MelOn dan gagal msuk chart Flo pada hari pertama. Angka-angka itu dinilai agak mengecewakan 

Ini mengingat BTS memiliki fandom yang sangat besar serta karya membernya begitu dinantikan publik. V BTS juga merupakan idol terkenal di industri K-Pop. Tapi, kedua lagu pra-rilisnya gagal bertahan di tangga lagu Top 200 Spotify AS selama lebih dari 1 hari.

Tentu, pencapaian ini jadi tantangan besar bagi V BTS untuk mencapai puncak Billboard Hot 100 pada minggu berikutnya. Meski begitu di saat yang sama, MV Love Me Again mencetak rekor sebagai salah satu MV solo K-pop tercepat yang mencapai 1 juta view di YouTube.

Dalam waktu 4 hari, MV Love Me Again ditonton sebanyak 36 juta. Jumlah ini terbilang mengesankan untuk idol K-Pop. Tapi angka itu tertinggal jauh dari MV Seven milik Jungkook. Sementara Rainy Days mencatatkan kinerja yang lebih sederhana yakni mengumpulkan 15 juta view setelah 3 hari.

Views MV Love Me Again dari V BTS (YouTube)

Seiring dengan ini, publik pun bertanya-tanya apa yang membuat peringkat rilisan V BTS cukup rendah dibandingkan member BTS lainnya? Netizen pun menjabarkan beberapa faktor yang bisa menjelaskan tentang kondisi tersebut.

Pertama, elemen utama dari perilisan proyek solo ini yakni cara dan waktunya dianggap kurang tepat dan terbilang terburu-buru. Diketahui pada 8 Agustus 2023, V BTS secara tidak terduga meluncurkan tracklist untuk album solonya, Layover. 

Hanya selang dua hari tepatnya 10 Agustus 2023, V BTS merilis MV Love Me Again dan disusul MV Rainy Days, keesokan harinya. Dengan jadwal promosi yang terlalu cepat ini, sulit bagi penggemar untuk fokus dan meningkatkan jumlah view dan peringkat tangga lagu ke level tinggi.

Kemudian, musik dari karya solo V BTS ini sendiri yang menjadi alasan. Dua lagu yang dirilis sahabat Park Seo Joon ini lebih mengedepankan suara R&B nya yang lembut. Di mana, lagu itu dianggap tidak memiliki nilai 'viral' yang sama dibanding lagu K-Pop lainnya.

Di mana, lagu K-Pop mengedepankan hook yang menarik serta dance challenge. Sebaliknya, lagu-lagu V BTS hanya membawa pesan indah dari sang idol dan memperkaya narasi album solonya. Itu juga lagu pra-rilis dan bukan title track.

Sementara itu, V BTS bakal merilis MV untuk title track-nya berjudul Slow Dancing pada 8 September 2023. Di saat itulah, aktivitas promosi V BTS akan meledak sepenuhnya. Maka dari itu, rasanya tidak adil jika membandingkan lagu pra-rilis dengan title track-nya. Kita nantikan saja karya V BTS ya!

Views MV Rainy Days dari V BTS (YouTube)