7 Manfaat Lemon Balm bagi Kesehatan, Cocok bagi yang Kesulitan Tidur

Ternyata ada banyak manfaat lemon balm yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan secara alami. Apa saja?

Manfaat lemon balm memang sangat luar biasa dan perlu kamu ketahui. Tanaman herbal yang bernama ilmiah Melissa officinalis ini merupakan herbal beraroma lemon yang berasal dari famili mint. Dengan memanfaatkan lemon balm dalam gaya hidupmu, kamu akan merasakan berbagai kebaikan yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan secara alami seperti berikut ini:

1. Menenangkan Pikiran

Salah satu manfaat lemon balm adalah kemampuannya sebagai penenang alami. Ketika kamu merasa stres atau cemas, cobalah minum teh lemon balm untuk meredakan perasaan tidak nyaman dan merasa lebih rileks.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Lemon Balm (via LPPL eRKS FM)

Jika kamu sering mengalami masalah tidur, lemon balm juga dapat membantu. Konsumsi teh lemon balm sebelum tidur akan membantu mengatasi gangguan tidur dan membuatmu tidur lebih nyenyak. Dengan tidur yang lebih berkualitas, maka kamu akan merasa lebih segar dan bugar saat bangun.

3. Meringankan Masalah Pencernaan

Manfaat Lemon Balm (via Tirto)

 

Walaupun buah lemon dikenal memiliki sifat asam, namun berbeda halnya dengan lemon balm. Bahan ini memiliki sifat yang mendukung kesehatan pencernaanmu. Kamu bisa mencoba minum teh lemon balm setelah makan untuk meredakan gangguan pencernaan seperti kembung dan perut kembung. Penderita gangguan lambung bisa menggunakannya dengan aman dan bahkan bisa meringankan berbagai keluhan yang muncul.

4. Anti-inflamasi Alami

Manfaat Lemon Balm (via MerahPutih)

Karena berbagai macam penyebab, tubuh manusia sering mengalami pembengkakan di beberapa bagian. Untungnya, ,anfaat lemon balm juga mencakup sifat anti-inflamasi. Ini artinya, tanaman ini dapat membantu meredakan peradangan pada tubuhmu secara alami.

5. Meningkatkan Mood

Manfaat Lemon Balm (via Helo)

Jika kamu sering mengalami mood swing dan gangguan emosi, maka lemon balm dapat menjadi teman dekatmu. Di dalamnya terdapat kandungan zat yang efektif meningkatkan mood. Rasakan bagaimana perasaan bahagia dan tenang menghampirimu setelah mengonsumsi lemon balm secara teratur.

6. Dukungan untuk Kesehatan Kognitif

Manfaat Lemon Balm (via JPNN)

Studi menunjukkan bahwa lemon balm memiliki potensi untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Kamu dapat memanfaatkan manfaat ini dalam meningkatkan kinerja otakmu sehingga lebih produktif lebih lama dalam bekerja dan beraktivitas.

7. Pengobatan Luka Ringan

Manfaat Lemon Balm (via Ulya Days)

Selain diminum, lemon balm juga bisa digunakan sebagai obat luar. Kandungan antiseptiknya membantu dalam penyembuhan luka ringan dan mengurangi risiko infeksi. Bisa jadi alternatif penanganan awal yang aman.

Manfaat lemon balm memang menakjubkan dan beragam. Kamu bisa memanfaatkannya dalam berbagai cara, seperti mengonsumsi teh, menggunakan minyak esensial lemon balm, atau mengaplikasikannya pada luka ringan. Namun, penting untuk tetap berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakannya sebagai pengobatan alternatif. Semoga bermanfaat!

Manfaat Lemon Balm (via Tribun Manado)