5 Mitos Perawatan Kulit yang Hingga Kini Masih Dipercaya

Tahukah kamu bahwa ada sejumlah mitos perawatan kulit yang sayangnya hingga kini masih banyak dipercaya? Yuk simak ulasannya!

Seiring berjalannya waktu, masyarakat semakin sadar untuk merawat kesehatan kulit. Sayangnya, ada sejumlah mitos perawatan kulit yang sayangnya hingga kini masih banyak dipercaya. Padahal alih-alih menyehatkan kulit, mitos-mitos tersebut justru menimbulkan masalah baru.

Perlu diketahui bahwa melakukan perawatan kulit adalah hal penting untuk kesehatan. Terlebih jika kamu memiliki masalah kulit yang harus segera diatasi. Nah, biar kamu nggak ikut-ikutan percaya pada mitos yang beredar. Berikut ini daftarnya. Catat ya.

1. Sunscreen hanya Digunakan Saat Cuaca Panas

Sebagian orang masih percaya kalau sunscreen hanya perlu digunakan saat cuaca panas saja. Ketika mendung atau turun hujan sunscreen tidak diperlukan. Padahal anggapan tersebut jelas tidak benar

Sunscreen adalah skincare yang wajid digunakan kapan saja, tidak peduli panas, mendung, atau hujan. Sebab,  sinar ultraviolet dapat menembus masuk ke dalam ruangan dan tetap terus terpancar meskipun saat cuaca mendung atau hujan.

Selain itu, semua jenis kulit rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar UV, baik yang memiliki tone gelap maupun terang. Selain mencegah flek dan noda hitam, perlindungan dari sinar matahari dengan sunscreen adalah langkah penting untuk mencegah kerusakan kulit dan risiko kanker kulit.

2. Jerawat Bisa Dicegah dengan Rutin Memakai Skincare

Mitos Perawatan Kulit (via Amway Today)

Pernah nggak kamu mendengar kalau jerawat bisa dicegah dengan memakai skincare secara rutin? Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Sebab jerawat bisa muncul karena berbagai faktor, mulai dari perubahan hormon, stres, efek samping obat, dan lainnya.

Hanya saja dengan perawatan kulit rutin maka wajah akan lebih bersih dan sehat, sehingga jerawat tidak mudah muncul. Bukan sama sekali tidak muncul ya. Jika kamu sudah rutin memakai skincare namun tetap muncul jerawat, jangan salahkah skincarenya. Karena mungkin jerawat tersebut muncul disebabkan oleh hal lain.

3. Harga Skincare Mempengaruhi Kualitas

Mitos Perawatan Kulit (via Sociolla)

Masih banyak yang beranggapan kalau semakin mahal skincare maka semakin efektif hasilnya. Padahal tidak demikian adanya. Perlu diketahui, hasil dari penggunaan skincare sebenarnya tergantung pada benar tidaknya kamu memilih kandungan skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Harga tinggi tidak selalu menjamin efektivitas produk perawatan kulit. Banyak faktor yang mempengaruhi harga, termasuk merek, kemasan, dan pemasaran. Karenanya, penting untuk membaca bahan-bahan yang tercantum di label dan mencari produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.Jadi jangan berpatokan pada harga ya!

4. Minum Banyak Air Adalah Cara Terbaik untuk Mengatasi Kulit Kering

Mitos Perawatan Kulit (via Marsha Beauty)

Konsumsi air yang cukup penting untuk kesehatan secara umum, tetapi air minum saja tidak akan mengatasi kulit kering sepenuhnya. Pasalnya cairan tubuh juga akan diedarkan ke seluruh tubuh untuk meringankan kinerja organ lainnya. Dalam hal ini, penggunaan pelembap dan perawatan kulit yang tepat juga diperlukan. Pasalnya, kulit juga butuh nutrisi yang tepat untuk dapat beradaptasi dengan pengaruh buruk lingkungan.

5. Kulit Berminyak Tidak Perlu Pelembab

Mitos Perawatan Kulit (via Jangkara)

Mitos lain yang seringkali menyesatkan adalah terkait penggunaan pelembab. Selama ini banyak orang percaya bahwa orang dengan kulit berminyak tidak membutuhkan moisturizer. Padahal, semua jenis kulit memerlukan pelembap, termasuk kulit berminyak. Penggunaan pelembap yang tepat dapat membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja mitos perawatan kulit yang sebenarnya tidak benar namun hingga kini masih banyak beredar? Stop percaya, karena hal-hal di atas hanya kepercayaan tanpa bukti yang malah menyesatkanmu. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahli kulit untuk mendapatkan perawatan sesuai kebutuhan.

Mitos Perawatan Kulit (via Grid)