Bebas Rontok, Begini 4 Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab

Yuk coba lakukan cara merawat rambut untuk perempuan berhijab berikut ini agar masalah kamu terselesaikan.

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sering dialami para hijaber. Tapi kalau kamu tahu cara merawat rambut untuk perempuan berhijab, masalah kerontokan tidak akan kamu alami lagi. Tapi bagaimana ya caranya?

Meski berhijab membuat rambut terlindung dari paparan sinar matahari dan polusi, namun bukan berarti rambut jadi bebas masalah. Justru karena ditutup sepanjang hari, rambut jadi rentan berkeringat sehingga dapat meningkatkan produksi sebum. Nah, agar kamu tetap bisa memakai hijab namun terbebas dari masalah rambut, yuk coba lakukan beberapa cara berikut ini.

1. Segera Lepas Ikatan Rambut Setelah Sampai di Rumah

Ikatan rambut yang kencang dalam waktu lama adalah salah satu penyebab munculnya masalah. Karenanya, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah segera melepas ikatan rambut di bawah hijab setelah sampai di rumah.

Jika memungkinkan, kamu bisa melepas dahulu hijab agar sirkulasi udar di area kulit kepala kembali lancar. Hal ini bertujuan agar rambut tidak lebih lama terperangkap kain dan memberikannya udara segar. Namun jika tidak memungkinkan, kamu bisa mengenakan hijab yang longgar dan nyaman tanpa ikatan rambut.

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab (via catenzo)

2. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Saat akan keramas, sebaiknya sisir rambut dahulu untuk mencegah kerontokan. Cara ini juga bisa merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala. Disarankan untuk menggunakan sisir bergigi jarang dan lebar agar rambut yang kusut lebih mudah diluruskan. Lakukan dengan lembut agar kerontokan tidak semakin parah.

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab (via Pantene)

3. Tunggu Rambut Kering

Karena berbagai alasan, kebanyakan orang tidak sabaran dan langsung memakai hijab meski rambut masih dalam keadaan basah. Hal ini cukup sering terjadi karena mungkin kamu sedang dalam kondisi terburu-buru untuk melakukans sesuatu.

Meski demikian, tentu saja hal tersebut tidak dibenarkan. Sebab menggunakan hijab saat rambut masih basah akan membuat rambut menjadi lembab dan berjamur. Hindari juga mengikat rambut dalam keadaan basah karena akan menyebabkan ketombe.

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab (via CewekBanget)

4. Rutin Memotong Rambut

Rutin memotong rambut juga menjadi salah satu cara merawat rambut berhijab. Sebab cara ini bisa menghindarkan rambut dari ujungnya yang bercabang. Kamu bisa memotong rambut enam bulan sekali, agar rambutmu tetap sehat meski ditutup hijab.

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara merawat rambut untuk perempuan berhijab? Ingat, meski tertutup hijab, namun rambut tetap harus terawat. Jangan ragu menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai jika memang diperlukan. Jadi jangan abaikan kesehatan kulit kepalamu ya!

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab (via Medcom)