Mengenal Fungsi Gigi Bungsu yang Kadang Masih Tumbuh Ketika Kita Dewasa, Kenapa Seringkali Harus Dicabut?

Mengenal Fungsi Gigi Bungsu yang Kadang Masih Tumbuh Ketika Kita Dewasa, Kenapa Seringkali Harus Dicabut?

Gigi bungsu adalah rangkaian gigi dewasa terakhir yang akan tumbuh dan terletak di bagian paling belakang mulut. Gigi ini disebut juga “geraham ketiga”.

Terkadang, gigi bungsu tumbuh dengan baik dan tidak menimbulkan masalah. Namun seringkali, gigi bungsu sebagian atau seluruhnya terperangkap (terbentur) di gusi atau tulang rahang. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi, gigi berlubang, penyakit gusi, dan masalah kesehatan mulut lainnya. Itu sebabnya banyak penyedia layanan kesehatan merekomendasikan agar gigi bungsumu dicabut.

Susunan gigi dewasa (alodokter.com)

# Apakah Setiap Orang Memiliki Gigi Bungsu?

Tidak, tidak semua orang memiliki gigi bungsu. Satu studi penelitian menemukan bahwa sekitar 53% populasi memiliki setidaknya satu gigi bungsu. Dan beberapa orang tidak pernah mengembangkan gigi bungsu sama sekali.

Penyebab gigi bungsu baru tumbuh ketika dewasa (halodoc.com)

# Kapan Gigi Bungsu Muncul?

Gigi bungsu biasanya muncul (tumbuh ke dalam) antara usia 17 dan 25 tahun. Perlu diingat, bahwa jika Anda memiliki gigi bungsu yang sepenuhnya terbentur pada gusi atau tulang rahang, Anda mungkin tidak melihatnya saat melihat ke dalam mulut. .

# Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut?

Tidak selalu. Jika gigi bungsu tumbuh normal dan tidak menimbulkan masalah, kamu mungkin tidak perlu mencabutnya.

Tetapi jika gigi bungsu mulai menimbulkan rasa sakit atau nyeri tekan, jadwalkan janji temu dengan dokter gigi. 

Posisi gigi bungsu yang harus dicabut (hellosehat.com)

# Fungsi Gigi Bungsu

Fakta menariknya, kita sebenarnya tidak benar-benar membutuhkan gigi bungsu. Faktanya, sebagian besar penyedia layanan kesehatan menganggap mereka peninggalan. Dahulu, gigi bungsu memang memiliki tujuan, tapi sekarang tidak lagi.

Pola makan primitif nenek moyang kita terdiri dari banyak tanaman mentah, kacang-kacangan keras, dan daging yang keras, dan gigi bungsu diperlukan untuk menggiling makanan ini agar pencernaannya baik. 

Saat ini, proses pengolahan makanan dan peralatan makan modern telah menghilangkan kebutuhan kita akan gigi bungsu. Saat kita terbiasa dengan perubahan pola makan ini, tubuh kita mengalami beberapa perubahan evolusioner kecil. Misalnya, rahang kita menjadi lebih kecil. Inilah sebabnya mengapa banyak orang tidak memiliki cukup ruang di mulut mereka untuk tumbuhnya gigi bungsu.

# Letak Gigi Bungsu Saya

Gigi bungsu muncul di bagian paling belakang mulut, tepat di belakang gigi geraham keduamu. Orang yang memiliki keempat gigi bungsu memiliki satu di setiap kuadran - kiri atas, kiri bawah, kanan atas, dan kanan bawah.

# Tanda-Tanda Pertama Gigi Bungsu Muncul

Berikut ini tanda-tanda atau gejala yang munckin muncul ketika gigi bungsumu tumbuh:

1. Kemerahan atau pembengkakan di gusi, di belakang gigi geraham terakhir

2. Nyeri rahang atau nyeri tekan.

3. Nyeri wajah, karena gigi bungsu menekan saraf.

4. Flek putih di belakang gigi geraham terakhir. Bintik-bintik ini kemungkinan merupakan bagian atas gigi baru yang tumbuh melalui gusi.