5 Tanda Awal Perselingkuhan yang Sering Diabaikan

Tanda awal perselingkuhan dalam rumah tangga seringnya terlihat jelas, hanya saja tidak disadari atau diabaikan karena dianggap sebagai hal sepele.

Tanda awal perselingkuhan dalam rumah tangga seringnya terlihat jelas, hanya saja tidak disadari atau diabaikan karena dianggap sebagai hal sepele. Perselingkuhan adalah salah satu masalah serius dalam hubungan yang dapat menyebabkan perasaan terluka, kepercayaan yang rusak, dan retaknya hubungan, karena itu penting untuk memperhatikan dan mengantisipasi jika sudah muncul tanda-tanda awal seperti berikut ini:

1. Menyembunyikan Ponsel dan Aktivitas Online

Tanda awal perselingkuhan yang paling terlihat adalah saat pasangan lebih sering menyembunyikan ponsel atau menghapus riwayat pesan atau panggilan. Pasangan tidak lagi terbuka dan merasa aman jika ponselnya diletakkan sembarangan. Hal ini bisa menjadi tanda ketidakjujuran atau adanya hal yang disembunyikan.

2. Perubahan Perilaku Drastis

Tanda Awal Perselingkuhan (via Merdeka)

Jika pasangan tiba-tiba berubah perilaku secara signifikan tanpa alasan yang jelas, seperti menjadi lebih dingin atau menjauh, maka kamu perlu mencari tahu penyebabnya. Buka komunikasi dengan pasangan untuk mengetahui apa yang menyebabkan perubahan tersebut karena perubahan tidak selalu karena perselingkuhan, bisa jadi pasangan sedang dalam masa sulit dalam urusan pekerjaan.

3. Memiliki Kegiatan Rahasia dan Rutinitas Baru

Tanda Awal Perselingkuhan (via Suara)

Jika pasangan tiba-tiba lebih sering "bekerja lembur" atau memiliki rutinitas baru yang tidak biasa dan mencurigakan, maka berhati-hatilah. Komunikasikan mengenai apa yang kamu rasakan agar pasangan mau terbuka mengenai rutinitas barunya. Bila perlu, usulkan agar keluarga dapat terlibat dalam rutinitas baru tersebut.

4. Mengkritik dan Membandingkan

Tanda Awal Perselingkuhan (via SINDOnews)

Pasangan bisa jadi mulai secara berlebihan mengkritik atau membandingkanmu dengan orang lain. Jika terjadi, maka hal ini merupakan tanda adanya ketidakpuasan dalam sebuah hubungan. Cobalah untuk mengeksplorasi sumber ketidakpuasan ini bersama-sama sehingga pasangan tidak perlu mencari sosok lain dalam hubungan kalian.

5. Keuangan Terlihat Mencurigakan

Tanda Awal Perselingkuhan (via Popbela)

Apakah pasanganmu mulai menyembunyikan pengeluaran atau tidak transparan tentang keuangan keluarga? Jika iya, maka kamu perlu waspada. Mulai bicarakan mengenai keuangan secara terbuka dan sepakati batas-batas yang jelas dengan pasangan. Bertanya mengenai keuangan yang dilakukannya di belakangmu juga sah-sah saja, asal dilakukan dengan baik dan tidak menuduh.

Ingatlah bahwa satu tanda saja tidak cukup untuk mencurigai pasangan berselingkuh. Namun jika kamu telah melihat beberapa tanda awal perselingkuhan di atas, maka penting untuk membuka komunikasi dengan pasangan.

Percayalah pada insting dan berbagai petunjuk yang kamu temukan lalu berbicaralah dengan jujur ​​dan terbuka dengan pasangan. Keterbukaan dan kejujuran adalah kunci untuk menghadapi masalah dan memperbaiki hubungan. Jika perlu, pertimbangkan mencari bantuan dari seorang profesional untuk dapat membimbing melewati situasi ini.

 

Tanda Awal Perselingkuhan (via Grid)